hut

Tabur Puja Bantu Warga Kedungkandang Kembangkan Usaha

Editor: Mahadeva

MALANG – Program pinjaman modal tanpa agunan dan berbunga ringan, Tabungan Kredit Pundi Sejahtera (Tabur Puja) sangat dirasakan manfaatnya oleh warga Kelurahan Kedungkandang. 

Program dari Yayasan Damandiri tersebut, membantu sejumlah usaha kecil yang dilakukan warga setempat. Kehadirannya menjadi penopang, sekaligus stimulus bagi warga untuk dapat mengembangkan usaha.

Seperti usaha penjualan Sembilan Bahan Pokok (Sembako), yang ditekuni pasangan suami istri, Yuliati dan Ofan. Warga RT 03, RW 06, Kelurahan Kedungkandang, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang tersebut mulai aktif bergabung dengan Kelompok Tabur Puja Cempaka di Koperasi Unit Desa (KUD) Subur sejak Oktober 2018.

Dari kelompok tersebut, Dia mendapatkan pinjaman modal usaha yang langsung digunakan untuk mengembangkan usaha. “Uang pinjaman sebesar Rp2 juta kami gunakan untuk tambahan modal, mengembangkan usaha dengan membeli aneka jenis sembako untuk kemudian dijual kembali di pasar malam,” jelasnya.

Yuliati bersama sang suami, setiap hari berjualan sembako dipasar malam, yang berada tidak jauh dari rumahnya. Mereka memulai aktivitas berjualan sejak pukul 02.30 WIB hingga 06.00 WIB.

Dari hasil berjualannya tersebut, Yuliati mengaku bisa mendapatkan omset Rp4 juta rupiah. Dari usaha tersebut, keduanya bisa menyekolahkan dua anak, satu masih di SD dan satu di SMP. “Pendapatan kotornya Rp4 juta, kalau bersihnya sekitar Rp200 ribu per hari,” akunya.

Yuliati menyebut, pinjaman dari Tabur Puja jauh lebih ringan dan mudah dalam pencairan, dibandingkan jika meminjam di bank yang mensyaratkan jaminan. “Kalau pinjam di Tabur Puja tidak perlu jaminan, cukup menyerahkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK),” sebutnya.

Angsuran pinjaman juga ringan, dan bisa dibayar setiap minggu. “Selama ini saya tidak pernah terlambat membayar angsuran sebesar Rp50 ribu per-minggu selama 12 bulan,” tuturnya. Yuliati berharap, nilai plafond pinjaman dari Tabur puja bisa lebih banyak. Sehingga dirinya bisa mengembangkan usaha menjadi lebih besar.

Lihat juga...