hut

Tabur Puja di Argomulyo Jadi Wadah Menabung Bagi Warga Desa

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

YOGYAKARTA — Keberdaan Unit Tabungan Kredit Pundi Sejahtera (Tabur Puja) ternyata tak hanya sekedar menjadi solusi permodalan bagi warga Desa Mandiri Lestari Argomulyo. Adanya unit usaha KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, ternyata juga mampu menjadi wadah bagi warga untuk menabung dan menyimpan sebagian penghasilan mereka.

Hal itu dibuktikan dengan tingginya antusiasme warga desa untuk menabung di unit simpan pinjam Tabur Puja KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo. Dari sekitar 300 anggota nasabah yang mengakses pinjaman, mayoritas tercatat juga ikut menabung dan menyimpan sebagian penghasilanan mereka setiap bulannya.

“Ya, memang antusiasme anggota untuk menabung terlihat cukup tinggi. Jadi selain membayar angsuran bulanan, mereka biasanya juga sekaligus menabung dengan menyisihkan sebagian penghasilanan mereka,” ujar Manager Unit Tabur Puja KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo Banar Lucia, Senin (22/04/2019).

Banar menjelaskan, proses menabung sendiri memang bisa dilakukan seluruh anggota Tabur Puja melalui mekanisme simpanan sukarela yang dibayarkan setiap bulannya. Simpanan sukarela ini nantinya bisa diambil sewaktu-waktu oleh setiap anggota jika yang bersangkutan berkeinginan untuk menariknya.

“Jadi simpanan sukarela ini seperti tabungan. Setiap anggota bisa mengambil atau menariknya sewaktu-waktu atau kapan saja,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang warga Ning (45) asal dusun Kemusuk Kidul, mengaku sudah menjadi anggota/nasabah Tabur Puja KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, sejak 6 bulan terakhir. Selain mengajukan pinjaman modal usaha, ia mengaku antusias menabung karena sejumlah pertimbangan.

“Kebetulan saya jualan oleh-oleh di sekitar tempat parkir Museum Memorial Jenderal Besar HM Soeharto. Sehingga sangat dekat dengan kantor Tabur Puja. Jadi selain membayar angsuran, setiap bulan saya biasanya juga sekalian menabung. Kadang Rp10 ribu, Rp20 ribum kadang Rp50 ribu,” katanya.

Selain untuk menyisihkan sebagian penghasilan yang didapat dari hasilnya berjualan kaos, ia mengaku memilih menabung di Unit Tabur Puja karena sudah merasa percaya dengan unit usaha KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo itu. Ia akan mengambil tabungannya itu saat sudah terkumpul banyak, sehingga bisa digunakan untuk keperluan.

“Sampai sekarang belum diambil. Karena kan baru sebentar. Nanti kalau sudah terkumpul banyak baru diambil. Rencananya mau untuk belikan sesuatu untuk anak,” katanya.

Lihat juga...