Tabur Puja Membantu Muriam Kembangkan Usaha

Editor: Mahadeva

MALANG – Program Tabungan dan Kredit Pundi Sejahtera (Tabur Puja) dari Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) berdampak positif bagi warga Malang.

Pinjaman modal tanpa agunan yang diberikan, dapat untuk mengembangkan usaha. Seperti halnya yang dirasakan, Muriam, salah satu warga RT 03 RW 06, Kelurahan Kedungkandang, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Muriam bergabung kelompok Tabur Puja Cempaka, Koperasi Unit Desa (KUD) Subur, sejak tujuh bulan lalu, tepatnya di September 2018. Setelah bergabung, Muriam mendapatkan pinjaman yang dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha kuliner,  warung makan yang sudah dirintis sejak 1994. “Uang pinjaman yang didapat dari Tabur Puja saya gunakan untuk menambah modal usaha, membeli bahan dan perlengkapan masak,” ungkapnya, kepada Cendan News.

Untuk mendapatkan pinjaman dari Tabur Puja sangat mudah. Persyaratannya tidak berbelit, tanpa agunan, dan yang paling penting pencairannya cepat. “Untuk angsuran, pembayarannya juga ringan karena dibayar setiap hari Rabu sebesar Rp50 ribu selama satu tahun atau 12 bulan,” terangnya.

Muriam, berdagang aneka jenis makanan dan minuman seperti soto, lodeh dan kresengan, kopo, es jeruk, es teh, dan es teler. Dari usaha kuliner tersebut, Muriam biasa mendapatkan penghasilan kotor sebesar Rp400 ribu hingga Rp600 ribu per hari. “Kalau penghasilan memang tidak menentu, tergantung banyak sedikitnya pembeli. Kalau ramai pembeli bisa mencapai Rp600 ribu, tapi kalau sepi hanya Rp400 ribu per hari,” jelasnya.

Pelanggan, kebanyakan adalah warga yang tinggal di sekitar tempatnya berdagang. Muriam berdagang di area pasar. Kini, dengan semakin berkembangnya usaha yang dimiliki, setelah mendapatkan bantuan pinjaman modal dari Tabur Puja Damandiri, Dia bisa lebih membantu suami yang bekerja sebagai penganyam kursi.

Termasuk untuk memenuhi kebutuhan keluarga, dan membayar biaya pendidikan anak yang masih kuliah. “Kami memiliki lima orang anak, empat orang anak sudah berkeluarga. Sedangkan anak yang terakhir masih kuliah,” sebutnya.

Muria menyebut, Tabur Puja dengan pinjaman modal tanpa agunan sangat membantunya. “Tidak hanya saya yang merasa terbantu, adanya program Tabur Puja jiga sedikit banyak bisa membantu masyarakat untuk merintis usaha maupun mengembangkan usaha agar bisa lebih besar lagi,” cetusnya.

Ke depan, Muria berharap program Tabur puja bisa semakin banyak membantu masyarakat. Khususnya, mereka yang ingin meningkatkan perekonomian melalui usaha. “Semoga program Tabur puja bisa terus berjalan dengan baik dan lancar, sehingga manfaatnya bisa dirasakan masyarakat luas terutama warga tidak mampu” pungkasnya.

Lihat juga...