Taiwan Beauty, Penutup Tanah yang Cantik

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

BOGOR — Bagi pemilik pekarangan yang ingin menutup tanah kosong , mungkin Taiwan Beauty bisa jadi pilihan. Tanaman hias dari jenis semak dan gampang ini tumbuh dengan umumnya warna berwarna ungu. Tapi ditemukan juga yang berwarna putih, merah muda dan kuning.

Staf Agro Taman Buah Mekarsari Sodikin menyebutkan, Taiwan Beauty atau Cuphea hyssopifolia merupakan tanaman dari Amerika dengan ketinggian rata-rata 30-40 cm.

“Daunnya kecil, teksturnya halus dan warnanya hijau mengkilat. Karena daunnya tumbuh sepanjang tangkai tanaman, jadi rapat terlihatnya. Bagus untuk menutupi area kosong. Lagipula, daunnya tidak mudah copot,” kata Sodikin di area Nursery Taman Buah Mekarsari, Jumat (26/4/2019).

Daun Taiwan Beauty berbentuk lonjong dan berpasangan berhadapan. Tangkai daun pendek dan daunnya berujung tumpul. Tulang daun berbentuk sirip. Bunga Taiwan Beauty tumbuh di ujung tangkai dan tidak memiliki aroma.

“Semakin sering dipangkas, bunganya akan semakin bergerombol. Bunganya tumbuh di ketiak daun dan memiliki 5 helai mahkota yang tidak bertumpuk. Taiwan Beauty ini juga memiliki buah yang berbentuk bulat dan berwarna hijau,” ujar Sodikin.

Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di semua tipe daratan dan dengan sinar matahari yang bersinar secara langsung.

“Tanaman ini sangat tidak rewel. Mau panas, mau tidak, dia tetap mampu bertumbuh dengan baik. Mau ditanah atau di pot, tidak masalah. Kalau tiba-tiba tidak berbunga atau layu, yang perlu dicek kesuburan tanahnya,” ucap Sodikin lebih lanjut.

Taiwan Beauty koleksi Nursery Taman Buah Mekarsari. Foto: Ranny Supusepa

Untuk mengatasi masalah kesuburan tanah, pemilik tanaman Taiwan Beauty dapat memberikan pupuk setiap dua bulan sekali.

“Perlu dijaga media tanamnya jangan terlalu basah dan juga jangan terlalu dingin,” kata Sodikin.

Seperti perawatannya yang tidak rumit, pengembangbiakannya pun tidak sulit.

“Bisa pakai stek batang atau stek akar. Masa hidupnya juga lama, bisa tahunan,” ujar Sodikin.

Kelebihan Taiwan Beauty lainnya adalah tanaman ini tidak susah untuk dipadukan dengan tanaman lain dan tidak gampang terserang hama.

Lihat juga...