Tak Ada Surat Suara Capres-Cawapres di Tiga TPS Sikka

Editor: Koko Triarko

MAUMERE – Pemungutan suara di tiga Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Desa Nangahale, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka, kemungkinan besar akan ditunda. Hal ini mengingat di TPS tersebut tidak terdapat surat suara presiden dan wakil presiden.

“Sampai saat ini, kami masih melakukan koordinasi dengan Bawaslu Sikka, untuk memutuskan pemungutan suara ulang,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Sikka, Fery Soge, Rabu (17/4/2019).

Dikatakan Fery, kejadiannya baru diketahui ketika kotak suara dibuka. KPU Sikka pun sudah turun ke lokasi, mengecek dan memang benar surat suara presiden dan wakil presiden, tidak ada.

Ketua KPU Kabupaten Sikka, Fery Soge. -Foto: Ebed de Rosary

“Memang kemungkinan besarnya pemilu di tiga TPS ini akan ditunda, tetapi kami sedang melakukan koordinasi dengan Bawaslu untuk memastikannnya. Kami juga sedang mengecek apakah surat suaranya terdapat di TPS lain,” terangnya.

Di Desa Nangahale, Kecamatan Talibura, Kabupaten Sikka, terdapat 11 TPS. Informasinya, surat suara yang tidak tersedia berada di TPS 01 Nangahale, Desa Nangahale, Kecamatan Talibura.

Jumlah pemilih di TPS 01 Desa Nangahale, sebanyak 193, terdiri pemilih laki-laki 90 orang dan perempuan 103 orang. Sementara itu, TPS 02 jumlah pemilih 203 orang, laki-laki 95 dan perempuan 108. Sementara, TPS 03 pemilihnya 197, laki-laki 82 dan perempuan 115 orang.

Sementara itu, kejadian yang hampir sama terdapat di TPS 11 Kelurahan Benpasi, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara. Pemungutan suara di TPS ini kemungkinan besar ditunda, mengingat tidak tersedianya suarat suara DPR RI Dapil NTT 2.

Ketua Bawaslu Timor Tengah Utara, Martinus Kolo, mengatakan, saat kotak suara DPR RI dibuka oleh petugas KPPS, di dalam kotak suara tersebut berisi surat suara DPRD provinsi NTT. Dengan demikian, terdapat 2 kotak suara berisi surat suara DPRD Provinsi NTT.

“Ketika kotak suara DPR RI dibuka, di dalamnya terdapat surat suara DPR RI. Kotak suara DPRD provinsi NTT pun terdapat surat suara provinsi NTT. Temuan tersebut pun telah dilaporkan ke KPU TTU, namun hingga pukul 13.00 WITA, surat suara belum diketahui keberadaannya,” ungkapnya.

Martinus menduga, surat suara DPR RI tersebut mungkin saja berada di TPS lainnya. Namun belum didapat informasi, apakah di TPS lainnya di kelurahan tersebut terdapat kelebihan suarat suara DPR RI. Pihkanya pun meminta, agar pemilih yang datang hanya didaftar saja.

“Jumlah pemilih di TPS 11 Benpasi sesuai daftar pemilih tetap (DPT) berjumlah 226 orang. Bila ditambah dua persen surat suara tambahan, maka surat suara yang seharusnya tersedia sebanyak 231 surat suara DPR RI,” terangnya.

Lihat juga...