Taman Rusa Kemangpratama, Taman Wisata Anak di Bekasi

Editor: Mahadeva

BEKASI – Taman Rusa Kemang Pratama, di Kelurahan Bojong Rawalumbu, Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa Barat menjadi sarana alternatif berwisata edukatif di akhir pekan.

Priyanto, Security Komplek Kemang Pratama – Foto M Amin

Lokasinya, berada di komplek Perumahan Kemang Pratama, dan memiliki sekitar 18 ekor rusa jenis tutul. “Taman Rusa ini, tidak dikomersilkan, siapa saja boleh datang untuk melihat ataupun memberi makan rusa tutul yang ada di dalam Taman,” kata Priyanto, Security di Komplek Kemang Pratama, kepada Cendana News, Minggu (14/4/2019).

Taman Rusa Kemang, Pratama dikelola manajemen komplek. Mulai dari memberi makan, ataupun membersihkan areal taman. Taman Rusa memanfaatkan lahan kosong diareal komplek, dan awalnya hanya diisi sekira enam ekor rusa.

Rusa tersebut, hibah dari Kebon Raya Bogor. Dan sekarang sudah berkembang menjadi sekira 18 ekor. Sebelum mendapat hibah rusa, taman tersebut tidak di pagari. Kini dengan keberadaan rusa, banyak warga sekitar komplek bahkan dari luar, yang datang ke Taman Rusa Kemang Pratama terutama sore membawa anak dan anggota keluarga. “Disekitar Taman Rusa, banyak tempat kuliner, jadi warga yang datang selain melihat rusa, bisa menikmati berbagai macam kuliner bersama keluarga,” jelasnya.

Saat bulan puasa, Taman Rusa akan banyak dikunjungi warga untuk ngabuburit. Di sekitar taman rusa juga, banyak yang berjualan berbagai jenis sayur, untuk memberi makan rusa. Banyak pengunjung utamanya anak-anak, datang membeli untuk memberi makan rusa.

Adapun rusa yang ada di taman tersebut, memiliki ukuran besar hingga kecil. Rusa cukup jinak, dan akan datang jika dipanggil dengan menyuguhkan sayur yang dibeli disekitar areal taman.  “Adem, saja disini karena banyak pohon rindang dan taman terkelola dengan baik oleh pihak Kemang Pratama. Untuk kuliner pun banyak diareal sini, apa saja tersedia,” ujar Budi Nugroho (35), salah satu pengunjung.

Lihat juga...