Teliti Vaksin HPV, Dosen UMP Dapat Penghargaan dari Kemenkes

Editor: Mahadeva

PURWOKERTO – Penelitian tentang vaksin Human Papilloma Virus (HPV) untuk kanker serviks, menghantarkan Dosen Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Didik Setiawan PhD. Apt, mendapatkan penghargaan dari Kementrian Kesehatan RI.

Dosen Farmasi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP),  Didik Setiawan. (FOTO : Hermiana E. Effendi)

Vaksin HPV merupakan vaksin, untuk mencegah infeksi virus HPV penyebab kanker serviks. Penelitian Didik Setiawan tersebut, sudah di publikasikan di jurnal internasional. “Tentu sangat bersyukur, karena penelitian saya berguna untuk masyarakat dan mendapat apresiasi dari Kemenkes. Terlebih hanya lima orang yang terpilih dari seluruh peneliti nasional, dan saya termasuk salah satu dari lima orang tersebut,” kata Didik, Kamis (25/4/2019).

Penghargaan tersebut di berikan Kemenkes dalam hari pekan imunisasi dunia 2019, di gedung Kemenkes RI beberapa waktu lalu. Didik berharap, hasil penelitiannya membawa manfaat jangka panjang, untuk para perempuan Indonesia. Sehingga bisa menekan angka penderita kanker serviks.

Rektor UMP, Dr Anjar Nugroho, mengatakan, prestasi Didik Setiawan tersebut telah mengharumkan nama UMP di kancah nasional hingga internasional. “Selamat untuk Pak Didik Setiawan PhD Apt. Semoga mampu memberikan inspirasi bagi dosen UMP untuk terus berkarya. Semoga penghargaan tersebut membuat semakin terpacu untuk meningkatkan prestasi dan kiprah baik secara nasional maupun internasional. Dari UMP untuk Indonesia,”  tuturnya.

Rektor menegaskan, UMP memberikan ruang seluas-luasnya kepada para dosen, untuk mengembangkan diri dalam keilmuannya, sesuai konsentrasi ilmu yang dimiliki. Prestasi yang ditorehkan Didik juga bukan hanya kali ini saja. Sebelumnya, Dia juga terpilih sebagai satu-satunya peneliti dari Indonesia yang mendapat penghargaan dari  World Health Organization (WHO).

Lihat juga...