Terobosan Promosi Produk UMKM Pesisir Selatan melalui Ragam Acara

Editor: Satmoko Budi Santoso

111

PESISIR SELATAN – Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, terus bergerak dalam pengembangan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di daerah setempat.

Ketua TP-PKK Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni, mengatakan, UMKM adalah sektor yang cukup bagus berkembang. Karena juga dapat menunjang pertumbuhan pariwisata. Untuk itu, Pemkab Pesisir Selatan melalui TP-PKK terus bergerak membantu para pelaku UMKM.

Batik Tanah Liek
Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Pesisir Selatan,  Lisda Hendrajoni  – Foto: M. Noli Hendra

Menurutnya, selain sektor pariwisata yang gencar dikembangkan, Pemkab Pesisir Selatan mengajak seluruh masyarakat, pelaku usaha dan UMKM di Pesisir Selatan ikut mempromosikan keberadaan wisata kuliner dengan produk pangan lokal yang ada.

“Dengan demikian kita telah menunjukkan bahwa selain pariwisata, di Pesisir Selatan mempunyai daya tarik tersendiri. Juga ada wisata kuliner, untuk itu perlulah didukung bersama. Ya, seperti kita lihat bersama setiap libur panjang, dan libur lebaran pasti ribuan wisatawan berkunjung ke Pesisir Selatan,” ujarnya, Selasa (16/4/2019).

Upaya pemerintah daerah Kabupaten Pesisir Selatan dalam mengenalkan pariwisata di Pesisir Selatan terus dilakukan, baik melalui promosi media massa, acara pariwisata maupun acara perlombaan.

“Masyarakat dan pelaku usaha kecil juga penting ikut mempromosikan pariwisata,” ujarnya.

Menurut Lisda, selain potensi wisata, di Pesisir Selatan sendiri terkenal dengam batik tanah lieknya, seperti Batik Lumpo. Sehingga apabila ada yang datang ke Kampung Batik tersebut terlebih dahulu akan disuguhi dengan pemandangan perumahan warga yang dicat dengan motif batik.

Dengan harapan langkah ini bisa cepat terwujud, sehingga akan berdampak yang sangat positif terhadap perkembangan industri Batik Lumpo.

“Untuk itu dukungan dari segala pihak untuk kelangsungan kegiatan ini sangat kita harapkan, sehingga Batik Lumpo semakin dikenal dan diminati,” ujarnya.

Lisda mengajak masyarakat setempat ikut mempromosikan wisata Batik Lumpo, dan terus mengembangkannya.

Untuk itu, perlu ditingkatkan kemampuan pengelola UMKM di daerah setempat melalui pelatihan-pelatihan. Salah satu pelatihan yang dilaksanakan ialah cara membuat proposal bantuan modal usaha yang akan ditujukan.

Selain itu soal produk lokal, Lisda mengatakan, dengan menggunakan produk lokal dalam keseharian akan turut mendukung pertumbuhan ekonomi, dan sebagai wujud gerakan mencintai produk dalam negeri.

Menurutnya, perlu ada rasa bangga dalam menggunakan produk dalam negeri. Karena ada beberapa orang yang merasa malu jika menggunakan produk lokal. Padahal dengan adanya rasa bangga itu, akan menghargai para perajin atau pelaku usaha di Pesisir Selatan, atau pun di Sumatera Barat sendiri.

“Agar produk dalam negeri tidak kalah bersaing dari barang-barang impor, para perajin atau pelaku usaha perlu melakukan inovasi dan menjaga kualitas dengan harga yang terjangkau. Artinya para pelaku UMKM juga terus melakukan inovasi dan meningkatkan kualitas produk,” katanya.

Ia mengaku, pihaknya tidak ada henti-hentinya mengajak masyarakat, hingga PKK yang ada di kecamatan ikut mempromosikan produk-produk lokal Pesisir Selatan, sehingga lebih dikenal dan dapat diminati oleh masyarakat.

“Ya, kita harus maju dengan produk lokal, dan ini harus terus dipromosikan,” ujarnya.

Lisda menjelaskan untuk setiap keunggulan yang ada di setiap kecamatan harus terus ditingkatkan, dikembangkan, dan terus fokus dalam hal itu. Baik itu kuliner, suvenir, yang mampu menjadi oleh-oleh cinderamata, dan juga membantu masyarakat.

Dimana pun berada, katanya, promosi harus terus dilakukan agar lebih dikenal lagi potensi kuliner, suvenir dan pariwisata Pesisir Selatan. Untuk itu, PKK harus mampu mendukung perusahaan, tentu saja aktif dalam berbagai kegiatan.

Ia menilai perlu menjadikan kabupaten Pesisir Selatan sebagai tuan rumah yang baik. Kalau bukan secara bersama untuk membangun Pesisir Selatan, siapa lagi yang akan memulai yang sudah berjalan sekarang, untuk terus ditingkatkan.

Lihat juga...