hut

Tersingkir dari Coppa Italia, Gattuso Sebut Milan Memalukan

Editor: Makmun Hidayat

Gannaro Gattuso, pelatih AC Milan kecewa timnya gagal ke final Coppa Italia. - Foto: acmilan.com

MILAN — AC Milan harus menelan pil pahit tersingkir dari Coppa Italia. Rossoneri gagal melaju ke babak final usai disingkirkan Lazio dengan kekalahan tipis 0-1 pada leg kedua semifinal yang digelar Kamis pagi di Giuseppe Meazza.

Kekalahan itu pun membuat sang manajer, Gennaro Gattuso meradang. Ia menyebut timnya memalukan setelah disingkirkan Lazio di depan pendukungnya sendiri. “Lazio layak melaju ke final dan fans layak mendapatkan lebih dari apa yang mereka dapatkan. Milan memalukan,” ucap Gattuso seperti dilansir Football-Italia.

Duel kedua tim pada leg pertama babak semifinal Coppa Italia di Roma berakhir imbang tanpa. Hasil itu memberi Milan tekanan besar karena gagal mengambil keuntungan dengan mencetak gol tandang. Celakanya, Milan justru kalah 0-1 di leg kedua. Gol tunggal Lazio dipersembahkan Joaquin Correa saat laga memasuki menit 58.

“Kami bermain cukup baik di abbak pertama, namun usai jeda Lazio punya tiga kans mencetak gol. Kami tidak cukup baik menguasai bola,” ungkap Gattuso.

Ia menyebut laga ini merupakan momen yang sulit bagi timnya. Setelah kekalahan ini timhya masih harus melewati babak knockout di laga lain kontra Torino. “Kami harus segera mengetahui kenapa performa kami negatif,” lanjutnya.

Terkait perubahan skema menjadi 3-4-3, Gattuso mengungkapkan bahwa dalam kondisi tertentu perubahan dibutuhkan untuk membuat perbedaan dan untuk meningkatkan performa sekaligus mengangkat tim. Sayangnya strategi itu tidak berjalan sesuai harapan.

Menurut Gattuso, bisa jadi persoalannya tidak hanya disebabkan faktor fisik, melainkan juga faktor mental dan strategi sehingga penampilan tim di bawah standar. “Saya tidak berpikir ini persoalan sistem atau individu, tapi ini persoalan tim secara keseluruhan,” tegasnya.

Ditambahkan, tim telah berusaha bermain hidup mati kontra Lazio agar bisa lolos ke partai puncak Coppa Italia. Sayangnya, hasil akhir yang didapat tidak sesuai harapan. “Tidak ada yang bisa menyangkal itu. kami sangat memalukan tapi tetap harus melihat ke depan,” katanya.

Lazio, lanjut Gattuso, menghadapi momen yang sulit sama seperti Milan, namun skuad asuhannya membuat persoalan menjadi lebih mudah bagi Lazio. Karenanya tim harus segera kembali bangkit agar bisa tampil sesuai harapan dan meraih hasil terbaik.

Lihat juga...