hut

Tim Dokkes Keliling, Periksa Kesehatan Petugas Pengamanan Pemilu

Editor: MakmunHidayat

KEBUMEN — Tugas berat yang diemban para personel untuk mengamankan pelaksanaan pemilu serentak hingga proses perhitungan suara sangat menguras tenaga. Karena itu, untuk menjaga kesehatan para personelnya, Tim Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polres Kebumen berkeliling melakukan pemeriksaan kesehatan.

Pemeriksaan Kesehatan ini diutamakan pada daerah-daerah perbatasan atau pinggiran. Seperti hari Selasa (23/4/2019), Tim Dokkes Polres Kebumen melakukan pemeriksaan kesehatan kepada petugas pengamanan yang berada di Kecamatan Ayah dan Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen. Pemeriksaan dilakukan oleh Aiptu Agus Sunani di posko pengamanan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) setempat.

Kasubbag Humas Polres Kebumen, AKP Suparno. – Foto: Hermiana E. Effendi

Kasubbag Humas Polres Kebumen, AKP Suparno mengatakan, pengecekan dan pemeriksaan kesehatan ini dilaksanakan untuk mengetahui kondisi kesehatan petugas pengamanan kotak suara dan rekapitulasi perhitungan suara di PPK terutama PPK yang jauh dari kota. Sebab, dalam proses perhitungan suara sudah banyak jatuh korban dari petugas, dari mulai sakit, hingga ada yang meninggal dunia akibat kelelahan.

“Pemeriksaan ini sebagai langkah antisipasi untuk menjaga Kesehatan para personil pengamanan,” terangnya, Selasa (23/4/2019).

Pemeriksaan dilakukan terhadap anggota yang bertugas baik dari Polri maupun TNI serta petugas pendukung pengamanan lainnya. Kondisi fisik personil diperiksa menyeluruh, mulai dari tekanan darah, suhu tubuh dan lain-lain.

Pada kesempatan tersebut juga didistribusikan sejumlah vitamin untuk nenunjang stamina para personel pengamanan.

Sementara itu, dari hasil pemeriksaan Tim Dokkes. seluruh personel yang melaksanakan tugas dalam kondisi sehat dan tidak ada yang mengalami keluhan sakit.

“Dengan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan, harapannya para petugas pengamanan selalu dalam kondisi sehat sehingga bisa melaksaakan tugas secara maksimal selama pengamanan di PPK hingga kotak suara bergeser ke KPU Kebumen,” pungkasnya.

Lihat juga...