Vietnam Open 2019, Indonesia Raih Tiga Gelar

JAKARTA — Indonesia meraih tiga gelar juara di turnamen bulutangkis Vietnam International Challenge 2019 yang berakhir Minggu malam.

Ketiga gelar juara di turnamen berhadiah total 25 ribu dolar AS tersebut adalah pada nomor tunggal putra melalui Firman Abdul Kholik, ganda putri melalui Nita Violina Marwah/Putri Syaikah, dan ganda putra melalui Kenas Adi Haryanto/Rian Agung Saputro.

Dua gelar lainnya diraih Jepang lewat pasangan ganda campuran Hiroki Midorikawa/Natsu Saito dan pemain tunggal putri Hirari Mizui.

Gelar pertama untuk Indonesia datang dari laga all Indonesian final antara Firman Abdul Kholik dan Chico Aura Dwi Wardoyo yang akhirnya dimenangi oleh Firman dengan skor 21-16, 21-7.

“Di final tadi melawan Chico, karena sudah sama-sama tahu kelemahan masing-masing, jadi tadi saya hanya fokus saja mainnya, jangan sampai membuat kesalahan sendiri,” kata Firman mengomentari kemenangannya seperti dilansir laman resmi Persatuan Bulutangkis Indonesia (PBSI).

Pemain kidal asal klub Mutiara Bandung tersebut berharap gelar yang diraihnya itu menjadi momentum untuk bisa mengejar prestasi dua rekan seangkatannya di pelatnas, Jonathan Cristie dan Anthony Sinisuka Ginting, yang sudah berada di jajaran pemain elit dunia.

“Gelar ini sangat berarti buat saya, untuk meningkatkan rasa percaya diri saya. Saya mau mengejar ketertinggalan dari teman-teman saya,” kata Firman.

Di nomor ganda putri, pasangan Nita Violina Marwah/Putri Syaikah mempersembahkan gelar kedua untuk Indonesia setelah mengalahkan Hsieh Pei Shan/Lin Xiao Min (Taiwan), dengan skor 21-19, 21-16.

Grlar yang diraih Nita/Putri itu merupakan gelar internasional ketiga mereka untuk tahun ini. Sebelumnya, Nita/Putri juga menjadi juara di Iran International Challenge dan Dutch Open 2019.

“Yang pasti senang bisa juara untuk ketiga kalinya. Di pertandingan tadi kami bisa fokus satu demi satu poin. Pola main kami sama dengan kemarin, defense balik serang. Kami mainnya lebih tenang dan lebih sabar,” ujar Nita seperti dikutip laman PBSI.

Sementara itu, gelar ketiga datang dari pasangan ganda putra Kenas Adi Haryanto/Rian Agung Saputro usai melewati laga rubber game melawan Kang Min Hyuk/Kim Jae Hwan (Korea), dengan skor 21-19, 15-21, 21-18. (Ant)

Lihat juga...