Yayasan Damandiri Hadirkan Solusi Permodalan Bagi Warga Argomulyo

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

YOGYAKARTA — Jumlah penerima manfaat dana bantuan modal usaha Tabungan Kredit Pundi Sejahtera (Tabur Puja) di Desa Mandiri Lestari Argomulyo, Sedayu, Bantul, tercatat terus meningkat setiap bulannya. Hal ini menjadi bukti keberhasilan Yayasan Damandiri dalam memberikan solusi bagi warga desa kurang mampu yang tengah merintis dan mengembangkan usahanya.

Manager Unit Tabur Puja KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo, Banar Lucia menyebutkan, hingga April 2019 ini, tercatat 299 nasabah yang memanfaatkan dana bantuan modal usaha dari Yayasan Damandiri.

Seluruh nasabah merupakan warga kurang mampu yang tersebar di 34 sub kelompok Tabur Puja di 8 padukuhan yang tergabung dalam 5 kelompok Tabur Puja. Masing-masing sub kelompok terdiri dari sekitar 6-12 anggota.

“Meski tidak terlalu signifikan, namun secara perlahan jumlah nasabah atau pemanfaat Tabur Puja terus meningkat. Jika pada awal Januari 2019 lalu, jumlah sub kelompok, baru sekitar 26 unit, sekarang sudah meningkat menjadi sebanyak 34 unit,” ujar pengelola unit simpan pinjam Tabur Puja di Desa Mandiri Lestari Argomulyo, kepada Cendananews, Senin (22/04/2019).

Banar juga mengungkapkan, hingga April 2019 ini, tercatat pihaknya telah menggulirkan pinjaman modal usaha sebesar Rp462 juta bagi warga kurang mampu di Desa Mandiri Lestari Argomulyo. Yakni dengan masing-masing nasabah/pemanfaat menerima pinjaman sekitar Rp2 juta per orang.

“Hinggan saat ini, proses pembayaran angsuran yang dilakukan oleh seluruh anggota Tabur Puja setiap bulanya berjalan lancar. Tidak ada satupun anggota yang macet atau tak bisa mengembalikan cicilan bulanan,” katanya.

Untuk meningkatkan akses pinjaman modal usaha bagi seluruh warga desa kurang mampu, Unit Tabur Puja KUD Sahabat Damandiri Sejahtera Argomulyo sendiri terus berupaya melakukan pembentukan sub – sub kelompok Tabur Puja yang baru. Dalam waktu dekat ini bahkan akan segera dibentuk 2 sub kelompok baru lagi yakni di dusun Kaliurang dan Kaliberot.

Lihat juga...