Zainul Kini tak Lagi Tinggal di Rumah ‘Gedek’

Editor: Koko Triarko

MALANG – Setelah bertahun-tahun menghuni rumah tidak layak huni, kini Zainul dan keluarganya bisa merasakan tinggal di rumah yang jauh lebih sehat, aman dan nyaman. Zainul merupakan salah satu warga dari 10 warga Desa Mandiri Lestari (DML) Kedungkandang, Malang, yang mendapatkan bantuan program bedah rumah dari Yayasan Damandiri.

Diceritakan Zainul, sebelum mendapatkan bantuan program bedah rumah, kondisi rumahnya bisa dikatakan jauh dari kata layak untuk dihuni. Dinding anyaman bambu (gedek) sudah banyak yang rusak dan atapnya banyak yang bocor.

Penerima bedah rumah Yayasan Damandiri, Zainul –Foto: Agus Nurchaliq

“Dulu kondisi rumah saya dindingnya terbuat dari annyaman bambu. Atap rumahnya pendek dan lantainya hanya dari tanah,” ceritanya.

Tapi setelah mendapat program bedah rumah, kondisinya sudah jauh lebih baik dan berbeda dari kondisi sebelumnya. Sekarang, dinding rumah sudah terbuat dari batu bata dan lantainya sudah diplester semen.

“Rumah yang dulu dirobohkan, kemudian dibangun lagi bangunan rumah baru yang lebih kokoh. Jadi, bisa dibilang bukan direnovasi, tapi membangun rumah baru,” tandasnya.

Lebih lanjut, Zainul menyampaikan rasa syukurnya telah memperoleh bantuan bedah rumah dari Yayasan Damandiri.

“Alhamdulillah, berkat bantuan program dari Damandiri, sekarang saya sekeluarga bisa menempati rumah yang layak, sehat dan nyaman yang selama ini kami impikan,” tuturnya.

Sementara itu, Manajer Umum Koperasi Unit Desa (KUD) Subur, Desa Mandiri Lestari Kedungkandang, Arif Adi Rendra, mengatakan, penentuan penerima manfaat bedah rumah dilakukan secara selektif melalui survei lapangan.

Harapannya, penerima manfaat merupakan warga yang benar-benar layak dibantu, sesuai kriteria yang diberikan Yayasan Damandiri.

“Karena dari ketua Yayasan Damandiri, Bapak Subiakto Tjakrawerdaya, mengharapkan, target penerima manfaat bedah rumah memang merupakan warga miskin, dan tidak mampu atau prasejahtera (Pra-KS) dan Keluarga Sejahtera Satu  (KS 1) yang produktif,” jelasnya.

Menurut Rendra, bedah rumah yang ditawarkan Damandiri, memiliki konsep tidak hanya melakukan perbaikan rumah, tetapi juga membangun sebuah warung, agar penerima manfaatnya juga bisa melakukan aktivitas produktif.

Lihat juga...