17.427 Warga Jakarta Mudik Gratis ke 10 Kabupaten/Kota

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Gubernur DKI, Anies Baswedan mengatakan, sebanyak  17.427 warga yang mengikuti kegiatan mudik gratis Pemprov DKI Jakarta, diberangkatkan menggunakan 354 bus menuju 10 wilayah kabupaten atau kota yang ada di Jawa Barat hingga Jawa Timur.

Sepuluh daerah tujuan itu adalah Kabupaten Ciamis, Kabupaten Kuningan, Kota Tegal, Kota Pekalongan, Kabupaten Kebumen, Kota Semarang, Kota Surakarta, Kabupaten Wonogiri, Kota Yogyakarta, dan Kabupaten Jombang.

Selain memberangkatkan ribuan warga DKI menuju kampung halaman masing-masing, 754 sepeda motor milik warga yang mudik sudah lebih dahulu diangkut sehari sebelumnya.

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Gatot Eddy Pramono, mengatakan mudik gratis atau mudik bersama ini bertujuan menurunkan tingkat kriminalitas yang terjadi di tempat-tempat umum, seperti terminal. Selain itu Gatot mengimbau kepada para pemudik yang tidak mengikuti acara mudik gratis, untuk selalu berhati-hati saat perjalanan.

“Biasanya kita jumpai di terminal-terminal kasus hipnotis, kasus-kasus pencopetan dan sebagainya. Kalau kita berangkat semua dari sini, semua menjadi aman,” katanya, usaia pemberangkatan peserta mudik gratis Pemprov DKI Jakarta, Kamis (30/5/2019).

Gatot juga mengimbau kepada pemudik yang masih menggunakan sepeda motor ke kampung halaman agar mengemudi dengan tertib.

Gatot juga apresiasi karena mudik gratis Pemprov DKI tidak hanya mengangkut penumpang, tapi juga menyediakan layanan angkut motor gratis. Cara ini dinilai efektif mengurangi angka kecelakaan saat musim mudik Lebaran.

“Angka kecelakan bisa kita tekan, fatalitas angkanya bisa kita tekan dan mereka bisa bertemu keluarganya di kampung, itu yang penting buat kita,” imbuh Gatot.

Seperti diketahui, pada Kamis (30/5) Pemprov DKI Jakarta melepas ribuan peserta mudik gratis yang diinisiasi oleh Dinas Perhubungan DKI bekerja sama dengan Polda Metro Jaya di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat.

“Terima kasih tentunya pada kesempatan ini, saya apresiasi juga kepada pak gubernur dan jajarannya yang sudah menginisiasi melaksanakan kegiatan mudik lebaran bersama ini,” kata Gatot, didampingi Anies Baswedan.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan menyebut, arus mudik Lebaran 2019 dari Jakarta ke daerah dimulai Rabu (29/5) malam. Ada sejumlah titik yang diprediksi mengalami kemacetan di Tol Trans Jawa selama arus mudik, seperti Tol Palimanan sampai dengan Cirebon, terutama di Plumbon. Juga pintu Tol Ciperna juga diprediksi bakal mengalami kemacetan.

Mengantisipasi itu, Kemenhub telah berkoordinasi dengan Kasatlantas dan Kasdishub setempat, agar diterapkan sistem lawan arah (contra flow) dan buka tutup di titik-titik kemacetan.

Lihat juga...