hut

Amankan Aksi 22 Mei, Satpol PP DKI Siagakan 1.200 Personel

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

JAKARTA — Kepala Satuan Pamong Praja (Kasatpol PP) Arifin mengatakan jumlah tersebut sudah sesuai dengan permintaan dan arahan dari Polda Metro Jaya.

Penjagaan pun lebih difokuskan di Jakarta Pusat yaitu di titik-titik strategis seperti KPU, Bawaslu, Kawasan Istana Kepresidenan, Patung Kuda, Lapangan Banteng, serta Kawasan DPR dan MPR.

“Ini kan sifatnya preventif dan antisipasi apabila ada gangguan yang berkaitan dengan ketertiban Jakarta,” ujar Arifin saat dihubungi di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (21/5/2019).

Dia mengatakan telah menyiagakan 1.200 personel untuk mengamankan aksi 22 Mei 2019. Petugas rencananya disebar di berbagai titik, di antaranya KPU, Bawaslu, Istana Negara hingga DPR/MPR.

Adapun untuk saat ini, sebut Arifin, kondisi Jakarta masih kondusif. Pergerakan massa pun juga sudah diantisipasi oleh pihak kepolisian.

“Namun untuk saat ini, beberapa ruas jalan seperti Jalan Imam Bonjol depan KPU serta Jalan MH Thamrin depan kantor Bawaslu telah ditutup dan dijaga ketat oleh pihak kepolisian,” ujarnya.

Satpol PP dikerahkan hanya untuk mengamankan sejumlah tempat pariwisata. Misalnya, Monas, Kota Tua, dan sejumlah museum.

“Kita lakukan penebalan apalagi ketika lagi ada kondisi seperti ini,” tuturnya.

Pengamanan DKI Jakarta diperketat usai penetapan hasil Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Jakarta dalam status siaga 1.

Sementara dari pihak kepolisian Polda Metro Jaya, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, pihaknya menambah jumlah personel keamanan yang akan mengamankan pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tentang hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 di Jakarta.

Sebelumnya disebutkan, ada 30.000 personel gabungan yang diterjunkan pada 22 Mei ini. Jumlah personel untuk mengamankan demo hasil Pilpres 2019 itu ditambah menjadi 50.000 personel gabungan.

Sebelumnya, massa berencana menggelar aksi di depan kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat pada Rabu, 22 Mei 2019. Saat ini, Selasa (21/5/2019) pengamanan di sekitar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI diperketat. Kawat-kawat berduri mengelilingi dan menutup akses ke KPU.

Akses ke KPU dari arah jalan Imam Bonjol, Menteng ditutup. Pantauan di jalan sekitar KPU telah terparkir bus-bus pengangkut polisi, seperti yang terlihat di halaman Taman Menteng.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan perolehan suara Pilpres 2019 dari 34 provinsi dan 130 Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN). Pasangan 01 Joko Widodo- Ma’ruf Amin memperoleh 85.607.362 suara atau 55,50 persen. Sedangkan pasangan 02 Prabowo Subianto- Sandiaga Uno meraih 68.650.239 suara atau 44,50 persen.

Lihat juga...