hut

Anies Berharap Tarawih Akbar Pererat Persatuan

Editor: Koko Triarko

JAKARTA – Gubernur DKI, Anies Baswedan, berharap dengan digelarnya tarawih akbar di Masjid Istiqlal, dapat mempererat silaturahmi antarwarga di Jakarta.

“Malam ini memang diniatkan sebagai kesempatan untuk mempererat ukhuwah di antara kita, karena kita menyadari Ibu Kota adalah simpul persatuan di Indonesia. Saya garis bawahi yang unik adalah persatuannya. Insyaallah diberikan kemudahan,” kata Anies, usai menunaikan tarawih akbar di Masjid Istiqlal, Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (11/5/2019).

Ia menjelaskan mengenai pembangunan infrastruktur hasil kerja sama Pemprov DKI Jakarta, dengan pihak Masjid Istiqlal, yang kini sedang dikerjakan. Infrastruktur tersebut berupa taman yang juga akan menjadi sarana bagi warga untuk bersilaturahmi.

“Terkait Istiqlal, kita akan tunaikan dan teruskan kerja sama. Termasuk membangun fasilitas yang akan mendukung habluminannas (ikatan persaudraan), serta program untuk mengumrohkan marbot-marbot,” ujarnya.

Anies menginginkan, datangnya bulan Ramadan selain sebagai upaya untuk lebih khusyuk beribadah, juga sebagai upaya untuk membereskan persoalan sosial di Jakarta, seperti kemiskinan dan ketimpangan.

“Jakarta punya masalah ketimpangan dan kemiskinan. Maka, saya mengajak seluruh warga DKI untuk ikut membereskan dengan menambah kegiatan sosial. Kami di Pemprov DKI juga memiliki program iftar-iftar di kampung-kampung, sehingga dapat dimanfaatkan oleh seluruh warga Jakarta,” tandasnya.

Selain itu, ia menyampaikan rasa syukur lantaran tarawih akbar di tahun kedua ini dipenuhi jemaah warga Jakarta dari berbagai wilayah Ibu Kota. Warga yang menghadiri tarwih akbar ini berasal dari lima wilayah Kota dan satu Kabupaten Administrasi di Provinsi DKI Jakarta.

“Kita bersyukur ini tahun kedua tarawih akbar yang diadakan oleh Pemprov DKI. Insyaallah malam ini malam penuh barokah, dan doa yang terkirimkan di tempat ini juga lebih banyak, karena banyaknya jemaah yang hadir di sini,” jelasnya.

Tak hanya itu, dia turut menyinggung masalah persatuan, khususnya di Jakarta. Menurutnya, Jakarta dapat menjadi contoh daerah yang mengutamakan kebhinekaan dan persatuan, karena warga Jakarta selalu menjaga persatuan.

“Di Jakarta, persatuan diikat simpulnya, di Jakarta persatuan dieratkan simpulnya, dan alhamdulillah insyaallah ke depan bisa mempererat persatuan kita,” ucap Anies.

Lebih lanjut, Anies menyebut umat Islam berperan penting dalam persatuan. Tak hanya menjaga hubungan sesama muslim, tapi juga antarumat beragama lainnya.

“Dalam konteks itu, umat Islam memainkan peran besar, apalagi di Jakarta karena bila Jakarta terjadi suasana bersatu, insyaallah di Indonesia merasakan persatuan,” lanjutnya.

Anies berharap, melalui kegiatan keagamaan, warga Jakarta menjadi lebih baik, khususnya bagi umat muslim untuk meningkatkan ketaatannya dalam beribadah.

“Kita berharap juga kegiatan Ramadan ini dijadikan kesempatan kita bukan saja meningkatkan frekuensi ibadah, tapi tidak boleh lewatkan untuk ikut membereskan tanggung jawab sosial di lingkungan sekitar kita di Jakarta,” ujar Anies.

Sebelumnya, Anies hari ini menggelar acara buka puasa bersama dengan jajaran Pemprov DKI. Dengan disediakan makanan berbuka bagi 10.000 orang di Masjid Istiqlal. Kemudian Anies melanjutkan ibadah salat tarawih bersama masyarakat Jakarta.

Turut melaksanakan ibadah bersama Anies di Masjid Istiqlal, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta, Saefullah; Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara; Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar; serta Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Sigit Wijatmoko.

Lihat juga...