Anies Pantau Situasi Jakarta, Sapa Anggota Brimob

JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meninjau beberapa lokasi di Jakarta, di antaranya di perempatan Jalan Sabang alias Jalan Agus Salim, Jakarta Pusat, Jumat malam. Ia mengajak putranya bungsunya, Ismail Hakim Baswedan.

Di perempatan Sabang, Baswedan yang mengenakan baju koko dengan kain selempang mendatangi anggota Brimob yang sedang berjaga.

“Bagaimana? Sehat? Semoga tetap sehat dan diberikan kelancaran,” sapa dia, memotivasi para anggota Brimob, seraya menggandeng sang putra.

Kemudian, dia juga meninjau Pos Polisi Subsektor Sabang yang dibakar massa pada kericuhan yang terjadi 22 Mei 2019, serta warung di sampingnya yang ikut dijarah.

Ia menjelaskan tinjauannya itu untuk memonitor situasi Jakarta bersama wali kota Jakarta Pusat, di antaranya di Bundaran Hotel Indonesia dan sekitar Jalan MH Thamrin.

“Malam ini monitor seperti biasa dengan Pak Wali. Lihat kondisi sekitar Bundaran HI, sekitar (Jalan MH) Thamrin. Cek dengan petugas kesehatan, pemadam kebakaran, menyapa mereka yang berjaga di sini,” katanya.

Ia menegaskan situasi Jakarta sampai saat ini tetap aman dan damai, meski sempat terjadi kericuhan pada Rabu lalu (22/5).

“Situasi sebetulnya Jakarta aman dan damai. Yang masih belum pulih hanya sekitar Jalan (MH) Thamrin saja. Mudah-mudahan segera pulih,” katanya.

Pasar Tanah Abang yang sempat tutup, kata dia, mulai hari ini sudah beroperasi seperti biasa dan hampir 80 persen pedagang sudah berjualan.

Ditanya mengenai kapan akses Jalan MH Thamrin kembali dibuka, ia menyatakan tergantung hasil evaluasi mereka bersama dengan Polda Metro Jaya.

“Kita lihat situasi malam ini. Kami komunikasi terus dengan Pak Kapolda. Kita lihat perkembangannya malam ini. Dari situ nanti kita tentukan,” kata dia. (Ant)

Lihat juga...