hut

April, Sektor Jasa di Amerika Tumbuh Lambat

Ilustrasi bendera Amerika Serikat - Foto: Ist/Dokumentasi CDN

WASHINGTON – Sektor non-manufaktur Amerika Serikat (AS) pada April, tumbuh dengan laju yang sedikit lebih lambat dibandingkan dengan bulan sebelumnya, tingkat paling lambat selama setahun terakhir. Demikian paparan lembaga riset swasta Institute for Supply Management (ISM) pada Jumat.

Indeks non-manufaktur (NMI), yang mengukur kinerja sektor jasa-jasa, mencapai 55,5 persen pada April, turun 0,6 poin persentase dari angka Maret, menurut Non-Manufacturing ISM Report on Business terbaru. Angka Februari adalah 59,7 persen.

Memperhatikan bahwa telah terjadi “penurunan” di sektor jasa, Anthony Nieves, Ketua Komite Survei Bisnis Non-manufaktur ISM, mengatakan bahwa “sebagian besar responden masih optimis tentang kondisi bisnis secara keseluruhan, tetapi masih ada kekhawatiran tentang sumber daya pekerjaan.”

“Hubungan masa lalu antara NMI dan ekonomi secara keseluruhan menunjukkan bahwa NMI untuk April sesuai dengan peningkatan 2,4 persen dalam produk domestik bruto (PDB) riil secara tahunan,” kata Nieves.

Indeks April mengindikasikan pertumbuhan berkelanjutan di sektor non-manufaktur untuk 111 bulan berturut-turut. Angka di atas 50 persen menunjukkan bahwa ekonomi sektor non-manufaktur umumnya berkembang.

Menurut data yang dikeluarkan oleh ISM awal minggu ini, Indeks Pembelian Manajer (PMI) untuk April, yang mengukur kinerja sektor manufaktur, tercatat 52,8 persen, turun 2,5 poin persentase dari angka Maret.

Didirikan pada tahun 1915, ISM melayani para profesional manajemen pasokan pada lebih dari 90 negara dan wilayah, dengan 50.000 anggota di seluruh dunia. (Ant)

Lihat juga...