Arus Mudik, BPBD Agam Siapkan Enam Posko

LUBUKBASUNG  – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, membentuk enam posko penanggulangan bencana saat arus mudik Lebaran 2019.

Kepala BPBD Agam, Muhammad Lutfi Ar, di Lubukbasung, Selasa, mengatakan, enam posko itu berada di Pantai Pasia Tiku Kecamatan Tanjungmutiara, Muko-muko Kecamatan Tanjungraya, Kelok 26 Kecamatan Matur, Matur Kecamatan Matur, Gaduik Kecamatan Tilatangkamang.

“Posko ini mulai beroperasi H-8 sampai H+8 Lebaran dan dalam waktu dekat akan menyiapkan lokasi posko,” katanya.

Ia mengatakan anggota Satgas dan Tim Reaksi Cepat yang dikerahkan di posko itu sebanyak 48 orang dan setiap posko dengan jumlah delapan orang setiap hari.

BPBD setempat juga menyiapkan mesin pemotong kayu, alat berat dan lainnya.

“Personel ini akan membersihkan material longsor dan pohon tumbang sepanjang jalan saat bencana itu terjadi agar tidak mengganggu pengguna jalan,” tegasnya.

Sebelum Lebaran, tambahnya, BPBD Agam fokus mengamankan ruas jalan yang akan dilalui pemudik dari bencana tanah longsor dan pohon tumbang.

Ruas jalan ini sangat padat dilewati kendaraan saat mudik karena jalan itu penghubung Bukittinggi ke Pasaman, Bukittinggi ke Padang Pariaman dan lainnya.

Setelah Lebaran, fokus mengamankan pengunjung di Objek Wisata Pasia Tiku, Banda Gadang, Muko-muko dan lainnya.

Objek wisata ini ramai dikunjungi saat libur Lebaran dan rawan orang tenggelam.

“Kita menyediakan perahu karet untuk melakukan patroli di sepanjang pantai dan untuk menolong pengunjung yang tenggelam,” katanya. (Ant)

Lihat juga...