ASDP Sediakan Mudik Gratis Dengan Kapal Ferry

Editor: Mahadeva

LAMPUNG – PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero), menyediakan layanan mudik gratis bagi masyarakat yang akan pulang kampung. Tahun ini, PT. ASDP menyiapkan tiket gratis 2.500 lembar dalam rangka mudik bareng.

Direktur Utama PT. ASDP Indonesia Ferry, Ira Puspadewi, menyebut, kegiatan tersebut merupakan bagian program Mudik Bareng BUMN 2019. Program yang diinisiasi Kementerian BUMN tersebut, membidik peserta 250 ribu orang.

Dari total 2.500 pemudik, PT ASDP akan melayani di tiga lintasan prioritas yakni Dumai-Rupat di Riau, Batulicin-Tanjung Serdang di Kalimantan Selatan, dan Hunimua-Waipirit, Ambon di Maluku. Pelayanan akan diberikan selama periode mudik dan arus balik Lebaran.

Program tersebut menjadi agenda kedua bagi ASDP, untuk berpartisipasi dalam Mudik Bareng BUMN. Tahun ini, ASDP menyediakan layanan bagi pemudik di tiga lintasan, yang berada di kawasan barat, tengah dan timur Indonesia. Pemerataan layanan dilakukan, agar masyarakat yang akan melakukan aktivitas mudik dan balik bisa mendapatkan kenyamanan sampai tujuan.

“Masyarakat yang berniat melakukan mudik ke kampung halaman pada tiga lintasan tersebut bisa menghubungi kantor cabang PT ASDP terdekat untuk registrasi karena kuota yang disediakan terbatas, dengan permintaan yang tinggi tentunya,” terang, Ira Puspadewi, Rabu (22/5/2019).

Direktur Utama PT.ASDP Indonesia Ferry,Ira Puspadewi (kiri) didampingi Manager Operasional PT.ASDP Cabang Bakauheni, Sugeng Purwono (kanan) meninjau kesiapan dermaga pelabuhan Bakauheni – Foto Henk Widi

Mantan Direktur Utama PT. Pos Indonesia tersebut mengatakan, ASDP kembali menyelenggarakan layanan mudik bareng di masing-masing lintasan untuk arus mudik dan arus balik secara gratis.

Berdasarkan kuota yang disediakan, ada 800 tiket untuk rute Dumai-Rupat, 800 tiket disediakan pada rute Batulicin-Tanjung Serdang, dan 900 tiket disediakan pada rute Hunimua-Waipirit. Bagi masyarakat yang berminat, bisa mendaftarkan diri dengan membawa fotocopy KTP dan Kartu Keluarga, untuk persyaratan data.

Sesuai rencana, arus mudik akan dilayani di masing-masing lintasan pada 31 Mei, 2 Juni dan 3 Juni 2019. Sementara untuk arus balik akan dilayani pada 8, 11, dan 12 Juni 2019. Selain menyiapkan mudik gratis, di lintasan yang tidak diberlakukan mudik gratis PT. ASDP juga membenahi fasilitas layanan. Di pelabuhan Merak disediakan 25 loket penumpang, 26 loket kendaraan roda dua, 23 loket kendaraan roda empat.

Selain itu juga disediakan fasilitas pendukung keselamatan dan keamanan diantaranya tujuh ambulans, dua unit mobil derek, dua unit mobil pemadam kebakaran, empat tug boat, empat rubber boat, 116 unit CCTV.

Manager Operasional PT.ASDP Indonesia Ferry, Sugeng Purwono, menyebut, pelabuhan Bakauheni telah membenahi fasilitas. Fasilitas yang disediakan diantaranya 17 loket penumpang pejalan kaki, 14 loket kendaraan roda dua dan 15 loket kendaraan roda empat.

Sebanyak 69 kapal disiapkan untuk melayani pelabuhan Bakauheni-Merak saat angkutan lebaran. Sugeng Purwono menyebut, saat arus mudik pelabuhan Bakauheni dominan menerima arus kedatangan pemudik. “Antisipasi yang kami lakukan dengan menyediakan moda transportasi bus memadai, ruang tunggu yang nyaman,” beber Sugeng Purwono.

Koordinasi dilakukan dengan Dinas Perhubungan dan Organda Lampung. Penambahan kendaraan bus dan angkutan darat diperlukan agar tidak terjadi penumpukan penumpang. Kecenderungan penumpang dari Merak berangkat saat malam hari dan tiba pagi hari.

Sebagian penumpang bahkan memilih menginap di pelabuhan dan berangkat saat pagi hari. Imbasnya kekurangan kendaraan kerap terjadi dan antisipasi dilakukan dengan penambahan armada bus cadangan.

Lihat juga...