ASTA Amerika Kagumi Keindahan Kawasan Wisata Mandeh

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PESISIR SELATAN – Kawasan Wisata Terpadu Mandeh yang terletak di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, menjadi satu tujuan rombongan Familiarization Trip (FamTrip) American Society of Travel Agents (ASTA) yang berasal dari Chicago Amerika Serikat.

Kedatangan rombongan disambut langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan, Hadi Susilo, didampingi Kepala Bidang Promosi dan Kerjasama Investasi, Deny Suryati, SSTP. MSc, serta Kepala Seksi Promosi Nini Bustamar, SE, juga dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pesisir Selatan.

Rombongan Familiarization Trip (FamTrip) American Society of Travel Agents (ASTA) yang berasal dari Chicago Amerika Serikat berfoto bersama dengan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan setempat di kawasan Mandeh. Tampak Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan Hadi Susilo (kedua dari kiri) – Foto: Istimewa

Hadi mengatakan, kedatangan rombongan Familiarizon Trip (FamTrip) American Society Of Travel Agents (ASTA) membawa dampak positif bagi perkembangan pariwisata di Pesisir Selatan, termasuk bagi pariwisata secara umum yang ada di Sumatera Barat.

“Dengan kunjungan Rombongan Fam Trip ASTA ini bisa meningkatkan promosi daerah terutama kawasan mandeh sebagai destinasi wisata andalan Kabupaten Pesisir Selatan. Semoga setelah melihat keindahan kawasan mandeh bisa dipromosikan oleh mereka dan mereka membawa wisatawan dari negara mereka untuk berkunjung ke sini,” ujarnya, Selasa (14/5/2019).

Ia berharap dengan adanya kunjungan tersebut, turut mempromosikan Mandeh ke kancah internasional, dan hendaknya dapat memancing investor untuk datang ke Kawasan Mandeh, sehingga Mandeh bisa melakukan pengembangan ke arah yang lebih baik, menunjang pariwisata.

Sementara itu, Ketua rombongan Fam Trip ASTA, Jesse Guera, menilai Kawasan Mandeh sangat indah dan pihaknya sangat menikmati keindahan alam serta keramahtamahan penduduknya. Ia juga menyatakan, keindahan Mandeh turut didukung oleh keramahan pelayanan yang diberikan kepada rombongannya.

“Mandeh adalah tempat yang pantas dikenal dunia, dan tentu akan kita promosikan dan kita kenalkan Mandeh ini ke negara asal kami,” ujarnya.

Bahkan dirinya mengaku sangat senang sekali berada di Mandeh hingga hampir satu pekan, sebab banyak atraksi wisata bisa dilakukan seperti berenang, snorkeling dan lokasi swafoto sangat banyak.

“Sungguh indah pesona alam yang ada di kawasan Mandeh yang  benar-benar seperti surga dunia,” sebutnya.

Sementara itu sub Direktorat Hubungan Ekonomi dan Pembangunan RI-Amerika Serikat (AS) dari kementerian luar negeri, Dini SM Arief, mengatakan, rombongan tersebut merupakan bagian ASTA. Bisa memberikan masukan terhadap destinasi wisata karena mereka mengunjungi kawasan wisata yang ada dan akan membantu promosi ke depan.

“Kita berharap kedatangan mereka membawa kontribusi bagi daerah khususnya Sumbar setelah mereka melihat potensi yang dimiliki dan berharap dapat dipublikasikan di AS, sehingga bisa menarik wisatawan AS yang lebih banyak lagi,” ungkapnya.

Selama berada di kawasan Mandeh beberapa lokasi dikunjungi mereka di antaranya lokasi snorkeling di sebelah Pulau Cubadak, Cliff Jumping di Sironjong Ketek, lalu dilanjutkan makan siang dengan menu gulai ikan karang di pulau kapo-kapo, melihat baga cottage dan diakhiri hutan mangrove serta air terjun Sei Gemuruh.

Sebelumnya, rombongan Familiarization Trip (Fam Trip) American Society Of Travel Agents (ASTA) datang ke Mandeh pada hari Rabu 8 Mei lalu. Kedatangan rombongan disambut langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga setempat.

Bahkan ketika itu, Aurora salah seorang perwakilan Familiarization Trip (Fam Trip) American Society Of Travel Agents (ASTA) mengaku, sangat kagum dengan keindahan yang dimiliki oleh Kawasan Mandeh, sebab alamnya yang indah, bersih dan ramah.

“Makanannya sangat enak ditambah dengan alamnya yang indah dan bersih, saya sangat senang berada di sini,” ujarnya.

Menurutnya, dirinya akan mempromosikan keindahan Sumbar khususnya Kawasan Mandeh ke negaranya. Dan dia berjanji akan kembali lagi dengan membawa wisatawan dari negaranya.

Senada disampaikan Nurma, dirinya mengaku sangat senang sekali sebab banyak atraksi wisata bisa dilakukan seperti berenang, snorkeling dan berswafoto.

 

Lihat juga...