Bale Kemambang, Taman Favorit Ngabuburit di Banyumas

Editor: Koko Triarko

PURWOKERTO – Saat Ramadan seperti sekarang, Taman Bale Kemambang yang berada di jalan Karangkobar, Kecamatan Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, menjadi tempat favorit warga untuk berwisata sore hari, sambil ngabuburit menunggu waktu berbuka puasa.

Taman Bale Kemambang merupakan sebuah bale atau gezebo besar yang terletak di atas air atau dalam bahasa Banyumasan disebut kemambang, yang artinya mengambang di atas air.

Di dalam kolam air terdapat ribuan ikan. Pengunjung bisa memberi makan ikan-ikan tersebut dengan hanya membeli pakan ikan seharga Rp1.000 yang disediakan pihak pengelola.

Salah satu pengunjung, Hervina. -Foto: Hermiana E. Effendi

Sepanjang tepi kolam ikan, pengunjung juga bisa main air atau sekadar memasukkan kaki ke dalam kolam. Ratusan ikan dalam kolam akan langsung menyerbu, jika kaki kita masuk ke dalam air.

Taman Bale Kemambang juga dilengkapi fasilitas berbagai permainan anak-anak, seperti ayunan, prosotan, jungkitan dan lain-lain. Area ini juga dilengkapi tempat bermain otoped yang cukup luas.

“Suka ngabuburit di sini, tempatnya dekat di kota dan lokasinya enak, segar, pemandangannya juga bagus. Untuk orang tua atau pun anak-anak, sangat cocok buat berwisata sore hari, sambil nunggu waktu berbuka puasa,” kata Hervina, salah satu pengunjung, Minggu (12/5/2019).

Untuk masuk ke lokasi ini, pengunjung hanya dikenakan biaya karcis Rp3.000 per orang. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung, ada yang berjalan santai sambil berolah raga memutari kolam ikan. Ada juga yang duduk-duduk di tepi kolam atau pun di gazebo sambil membuka laptop, sebab taman ini juga dilengkapi wifi gratis.

Sebagian anak-anak memilih untuk bermain otoped. Pengelola Taman Bale Kemambang juga menyediakan beberapa otoped untuk disewa oleh pengunjung. Dengan membayar Rp20.000, anak-anak bisa bermain otoped selama 30 menit.

Jika waktu berbuka puasa tiba, pengunjung tak perlu khawatir, di depan lokasi taman banyak terdapat penjual aneka makanan. Beberapa pengunjung juga memilih membawa makanan dari rumah dan hal tersebut diperbolehkan oleh pengelola.

Di bagian barat kolam ikan, juga tersedia mushola untuk menunaikan salat Magrib. Taman ini buka mulai pukul 08.00 WIB pagi hingga malam hari pukul 21.00 WIB, sehingga waktu berkunjung sangat leluasa.

Lihat juga...