hut

Bank NTB Diminta Lebih Banyak Salurkan KUR

Editor: Koko Triarko

MATARAM – Perubahan status Bank NTB dari konvensional menjadi syariah, diharapkan bisa membawa banyak perubahan bagi perkembangan dan kemajuan, khususnya sektor pembiayaan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) bagi masyarakat pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Harus ada terobosan pascaperubahan status dari konvensional, salah satunya bisa lebih banyak menyalurkan KUR bagi UMKM di NTB,” kata Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) NTB, Farid Palletehan, di Mataram, Selasa (7/5/2019).

Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) NTB, Farid Palletehan/ Foto: Turmuzi

Menurutnya, selama ini penyaluran KUR untuk UMKM dari Bank NTB masih belum maksimal, sehingga perlu lebih diperbanyak, mengingat bagaimana pun UMKM memiliki kontribusi besar bagi perekonomian NTB.

Ia mengatakan, selama ini nasabah bank NTB kebanyakan masih didominasi kalangan ASN, belum banyak melakukan ekspansi ke luar, karena itu dengan perubahan status tersebut, harus ada terobosan, sehingga jangkau pemasaran juga bisa lebih banyak masyarakat luas maupun pelaku usaha.

“Dengan status sebagai bank syariah, akan menjadi keunggulan tersendiri, dalam proses transaksinya menggunakan konsep sistem bagi hasil,” katanya.

Sejak perubahan status dari konvensional menjadi syariah, sampai bulan ini KUR oleh Bank NTB belum juga dicairkan kepada masyarakat. OJK dalam waktu dekat akan melakukan pertemuan dengan Bank NTB, untuk melakukan klarifikasi, kenapa KUR sampai bulan sekarang belum cair.

Apa permasalahannya, apakah terkait dengan perubahan status bank NTB, sehingga membutuhkan rumusan khusus terkait aturan atau ketentuan penyaluran KUR atau terkait dengan klaim asuransi.

“Akan ditanya dulu kasusnya seperti apa, kalau kasusnya terkait dengan asuransi, maka OJK akan mempertemukan dengan asuransi Askrindo dan Jamkrindo dan akan dipantau terus,” katanya.

Sebelumnya, Gubernur NTB, Zulkiflimansyah, juga berharap banyak kepada bank NTB Syariah bisa ikut berkontribusi secara nyata membangun NTB, salah satunya dengan ikut membina dan mengembangkan UMKM.

Bank Syariah NTB juga diminta terus melakukan inovasi dan terobosan, termasuk meningkatkan kualitas SDM dan layanan supaya bisa bersaing dengan bank-bank konvensional lain, dan masyarakat juga bisa banyak tertarik menjadi kandidat Bank NTB Syariah sebagai pilihan.

Lihat juga...