Bantu Warga, Pemkot Denpasar Gelar Pasar Murah Berkelanjutan

Editor: Mahadeva

DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan menggelar pasar murah. Kegiatan digelar secara berkelanjutan di seluruh kecamatan di Kota Denpasar.

Plt Kepala Dinas Disperindag Kota Denpasar IB Anom Suniem.-Foto: Sultan Anshori

Kamis (9/5/2019), pasar murah dilaksanakan di Sumerta Kaja. Plt Kepala Dinas Disperindag Kota Denpasar, IB Anom Suniem, mengatakan, pasar murah benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Masyarakat tampak mengerumuni setiap kali pasar murah digelar.

Harga kebutuhan pokok yang dijual di pasar murah sangat terjangkau bila dibandingkan dengan harga di pasar. Harga terjangkau karena pihaknya pemerintah daerah menggandeng distributor untuk menyiapkan barang. ‘’Harganya terjamin lebih murah, minyak goreng di pasar harganya Rp13 ribu di pasar murah hanya Rp11 ribu. Beras di pasar Rp55 ribu di sini masyarakat bisa dapat membeli dengan harga Rp50 ribu,’’ ujar Suniem, Kamis, (9/5/2019).

Kegiatan tersebut juga dimanfaatkan untuk kegiatan sosialsiasi pegurangan penggunaan kantong plastik. Hal itu dilakukan dengan melibatkan IWAPI Kota Denpasar, yang membagikan tas ramah lingkungan kepada para pembeli. Agenda pasar murah selanjutnya, pada 10 Mei digelar di Banjar Kertagraha Desa Kesiman Kertalangu, 13 Mei di Jalan Gelogor Carik Desa Pemogan, 14 Mei di Halaman Mesjid Weda Sari Padangsambian Kaja.

16 Mei di Halaman Masjid Jalan Puau Buru, dan 17 Mei dilaksanakan di Komplek Pertokoan Kertawijaya Jalan Diponogoro. Dengan pasar murah pemerintah berharap berharap bisa menekan inflasi. Selain itu masyarakat juga bisa terbantu memenuhi kebutuhannya.

Salah satu pembeli dari Banjar Kenyeri, Meriem, menyebut, pasar murah sangat membantu masyarakat, terutama umat muslim yang sedang menjalankan puasa. Harganya yang diberikan sangat terjangkau, dan berbeda dengan harga di warung maupun di pasar. “Pasar murah ini tentu sangat membantu kami para ibu rumah tangga,” kata Meriem.

Perbekel Sumerta Kaja, Wayan Purna menyebut, Pasar Murah sangat dimanfaatkan warganya. Meskipun harga yang dijual tidak terlalu murah, namuan harganya tetap lebih murah bila dibandingkan harga di pasar. “Saya harap kegiatan ini terus dilakukan,” pungkas Wayan Purna.

Lihat juga...