hut

Bawaslu Jayapura Terima 29 Aduan

Ilustrasi- Bawaslu - Dokumentasi CDN

JAYAPURA – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Jayapura menyebutkan terdapat 29 laporan dan 6 temuan dugaan kasus dalam penyelenggaraan pemilu presiden dan legislatif di ibu kota Provinsi Papua itu.

“Sejak 17 April lalu hingga kini, kami menerima 29 aduan dan 6 temuan kasus pemilu,” kata Komisioner Bawaslu Kota Jayapura, Rinto Pakpahan, di Jayapura, Papua, Jumat malam.

Menurut dia, hal ini juga diungkapkan pada saat rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara KPU Kota Jayapura tingkat provinsi yang digelar di Grand Abe Hotel Kota Jayapura, sejak Kamis (16/5) malam hingga Jumat dini hari.

Dari sejumlah kasus tersebut, kata dia, sudah ada kasus yang diproses dan ditindaklanjuti.

“Ada pelanggaran tindak pidana pemilu, pelanggaran kode etik dan juga pelanggaran administrasi, dan sudah ada yang kami mintai keterangan terkait masalah yang ditemukan dan diadukan,” katanya.

Rinto menegaskan sebagaimana aturan yang berlaku para penyelenggara dari tingkat atas hingga bawah yang terbukti bersalah ancaman hukumannya bervariasi ada yang setahun hingga maksimal empat tahun dengan denda puluhan juta rupiah.

“Bagi penyelenggara yang bersalah sudah ada aturan dan hukum yang mengatur atau menanti jika berbuat salah atau tidak sesuai ketentuan,” katanya.

Sekedar diketahui, pleno rekapitulasi penghitungan suara KPU Kota Jayapura tingkat provinsi masih diskors oleh KPU Papua dan akan dilanjutkan pada Sabtu (18/5) pagi sekitar pukul 10.00 WIT. (Ant)

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!