Beasiswa Sains dan Teknologi Terus Digelontorkan Pemprov NTB

Editor: Mahadeva

MATARAM – Pemprov NTB terus menggelontorkan dana beasiswa untuk warganya yang akan bersekolah terutama di pendidikan sains baik di dalam maupun di luar negeri.

Kebijakan tersebut, untuk mendukung hadirnya industri pengolahan, terutama di bidang pertanian dan kelautan. Dengan pemberian beasiswa dapat memperbanyak Sumber Daya Manusia (SDM) yang menguasai sains dan teknologi.

Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Zulkieflimansyah – foto : Turmuzi

“NTB memiliki potensi hasil pertanian, perikanan dan peternakan luar biasa, tapi belum dikelola secara maksimal dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat, karena tidak ditopang SDM mumpuni, khususnya bidang sains dan teknologi,” kata Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, Kamis (16/5/2019).

Dampaknya, potensi yang dimiliki justru banyak dikirim keluar daerah dalam bentuk bahan mentah. Sehingga pemasukan dari sisi ekonomi cenderung kecil. Padahal, kalau diolah terlebih dahulu di NTB dan baru dikirim dalam bentuk bahan jadi, pasti bisa mensejahterakan masyarakat.

Zul mengatakan, di era yang berkembang pesat seperti saat ini, diperlukan generasi yang kuat, generasi yang menguasai sains dan teknologi. Sehingga anak NTB, tidak hanya menguasai ilmu agama, namun juga menguasai sains dan teknologi. Hal itu dibutuhkan untuk menaklukkan masa depan yang penuh tantangan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, Muhammad Suruji mengatakan, Jepang dan Cina menjadi negara tujuan utama pengiriman anak-anak Nusa Tenggara Barat melanjutkam pendidikan. Kebijakan tersebut menjadi bagian dari upaya Pemprov NTB mempersiapkan SDM yang handal di bidang sains dan teknologi. Mereka dibutuhkan, untuk mengelola berbagai potensi baik di bidang pertanian, perkebunan maupun kelautan.

Lihat juga...