hut

Benda Cagar Budaya di Demak Diinventarisasi BPCB Jateng

Kegiatan inventarisasi benda cagar budaya tidak bergerak di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah (Foto Ant)

DEMAK – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah menginventarisasi benda cagar budaya di Kabupaten Demak, Rabu (15/5/2019).

Cagar budaya di Demak, kondisinya tersebar di sejumlah tempat. Inventarisasi untuk memastikan kondisinya masih terawat, dan melihat secara langsung dalam kondisi baik atau tidak. “Inventarisasi di Kabupaten Demak ini bukan yang pertama. Sebelumnya, juga pernah dilakukan,” kata Ketua Tim Inventarisasi Benda Cagar Budaya yang juga Pengkaji Pelestari Cagar Budaya BPCB Jateng, Riris Purbasari, Rabu (15/5/2019).

Setidaknya, data yang ada mendapat pemutakhiran. Dan kegiatan tersebut untuk mendokumentasikan kondisi terkini, apakah ada perubahan atau tidak, masih ada atau tidak. Kegiatan tersebut dimulai sejak 10 Mei 2019, dan dijadwalkan berlangsung selama 10 hari.

Benda cagar budaya yang didata mencapai 59 tempat, yang akan didatangi tim BPCB Jateng tersebut. “Kalau ada lagi benda cagar budaya yang belum didaftar, tetapi menurut informasi ada cagar budaya tentunya akan didatangi,” jelasnya.

Dalam melakukan inventarisasi tersebut, Tim BPCB Jateng menerjunkan tujuh personel dengan keahlian berbeda-beda. Ada yang memiliki keahlian di bidang arkeologi, arsitek, pengumpul dan pengolah data, juru foto, serta juru video. “Kami tidak hanya sekadar mendata benda cagar budaya tidak bergerak, melainkan juga melakukan sosialisasi tentang cagar budaya dan pelestariannya bagi pemilik dan pengelola cagar budaya di Kabupaten Demak,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...