hut

Berkat Lantainisasi dan Jambanisasi, Maimunah Bisa Tinggal di Rumah Sehat

Editor: Mahadeva

MALANG – Tinggal di dalam rumah yang nyaman dan sehat, tentu menjadi keinginan setiap orang. Tidak terkecuali Maimunah dan keluarganya, yang selama bertahun-bertahun menempati rumah yang hanya beralaskan tanah dan tidak memiliki jamban untuk tempat Buang Air Besar (BAB).

Maimunah merupakan salah satu warga RW 04 Desa Mandiri Lestari (DML) Kelurahan Kedungkandang, Kota Malang, yang mendapatkan dua program bantuan sekaligus dari Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri).

Dia mendapatkan bantuan lantainisasi senilai Rp1,5 juta dan pembuatan jamban senilai Rp500 ribu. Sebelum mendapatkan bantuan dari Damandiri, kondisi rumah ditempati bersama sang suami dan kedua anaknya, bisa dikatakan kurang nyaman dan tidak sehat. “Selama ini kami tinggal di rumah yang lantainya masih tanah dan tidak memiliki jamban,” sebutnya.

Kondisi jamban baru bantuan Damandiri – Foto Agus Nurchaliq

Untuk urusan BAB, Maimunah dan keluarga mengaku selalu menumpang di rumah tetangga yang memiliki jamban. “Saya merasa sangat terbantu dengan adanya bantuan stimulan jamban. Alhamdulillah sejak punya jamban sendiri, saya tidak perlu lagi numpang ke tetangga jika ingin buang air,” ucapnya.

Ibu dua anak tersebut, saat ini kondisi rumahnya sudah jauh lebih bersih dan nyaman, usai mendapatkan bantuan lantainisasi. Lantai rumahnya yang dulu kerap berdebu karena masih berupa tanah, sekarang sudah menjadi lebih bersih sejak lantainya di plester semen. “Untuk pengerjaannya semua dikerjakan sendiri oleh suami, agar lebih menghemat biaya. Daripada uangnya diberikan untuk ongkos tukang, lebih baik dikerjakan sendiri, dan uangnya bisa digunakan untuk keperluan lainnya,” terangnya.

Manajer Umum Koperasi Unit Desa (KUD) Suluh Sejahtera Mandiri, Dian Novianti Widiasari, mengatakan, melalui lantainisasi dan jambanisasi, diharapkan masyarakat bisa hidup lebih sehat dan nyaman. “Untuk program lantainisasi dan jambanisasi, setiap penerima manfaat bisa mendapatkan salah satu bantuan saja, atau bisa juga mendapatkan dua program bantuan sekaligus, tergantung kebutuhan warga,” jelasnya.

Ibu Maimunah termasuk warga yang mendapatkan dua bantuan sekaligus. Khusus di RW 04, jumlah penerima manfaat lantainisasi sebanyak 20 rumah. Sedangkan untuk bantuan jamban sebanyak empat rumah.

Lihat juga...