BI Jember Uji Coba Layanan Penukaran Uang Berbasis ‘Online’

Editor: Koko Triarko

JEMBER – Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember, membuka uji coba layanan penukaran uang pecahan baru berbasis online. Melalui sistem ini, diharapkan bisa memudahkan masyarakat untuk melakukan penukaran uang baru.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember, Hestu Wibowo, menjelaskan, pihaknya tengah melakukan uji coba penukaran uang pecahan baru berbasis online melalui website layananpenukaranjember.com

Melalui layanan ini, masyarakat dapat menentukan jumlah pecahan yang dibutuhkan, tentu saja dengan menyesuaikan jumlah yang tersedia.

“Sehingga, masyarakat bisa menukar uang sesuai dengan waktu yang diinginkan tanpa antre dan kehabisan uang, seperti secara cash to cash,” kata Hestu, Kamis (23/5/2019).

Hestu juga menerangkan, masyarakat yang menggunakan layanan online ini, akan dimintai nomor kartu idenditas, juga nominal uang yang ingin ditukarkan.

“Layanan ini adalah upaya meningkatan pelayanan penukaran uang di era digital saat ini,” ujarnya.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember, Hestu Wibowo. -Foto: Kusbandono

Sebelumnya, BI mulai tanggal 22 sampai 29 Mei 2019, bersama sejumlah mitra perbankan, membuka layanan penukaran uang pecahan baru di Alun-alun Kota Jember.

Hestu juga menjelaskan, tahun ini pihaknya menyediakan uang pecahan baru untuk masyarakat sebesar Rp5,01 triliun. Jumlah ini meningkat 4,22 persen dibanding realisasi tahun lalu, sebesar Rp4,38 triliun.

“Delapan perbankan, yakni empat bank BUMN dan empat bank swasta, ikut dalam kegiatan penukaran uang di Alun-alun Jember, kali ini,” tuturnya.

Layanan penukaran uang juga dilakukan di sejumlah kecamatan di Kabupaten Jember, dalam program pasar murah yang dilaksanakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Jember.

Hestu mengimbau, agar masyarakat melakukan penukaran uang di layanan resmi yang dibuka BI dan perbankan. “Hal ini untuk menghindari risiko, seperti jumlah pecahan tidak sesuai, tambahan biaya, atau pun penyisipan uang palsu,” pungkasnya.

Lihat juga...