Bukber Pererat Kebersamaan Pengurus Posdaya dan KSU Derami Padang

Editor: Koko Triarko

PADANG – Momen Ramadan 1440 Hijriyah, dimanfaatkan oleh para pengurus Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) di Kota Padang, Sumatra Barat, untuk mempererat silaturahmi antarjajaran pengurus, bersama pengurus Koperasi Serba Usaha (KSU) Dewantara Ranah Minang (Derami) Padang, dengan kegiatan buka bersama (bukber). 

Kegiatan berbuka puasa bersama jajaran Posdaya dan KSU Derami merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun oleh KSU Derami Padang. Selain untuk menunaikan ibadah puasa bersama, buka puasa bersama, diadakan juga untuk terbangunnya silaturahmi yang baik.

Salah seorang pengurus Posdaya di Padang, Aidil Adhari, mengaku sangat senang dapat berjumpa dengan para jajaran pengurus Posdaya bersama pengurus KSU Derami Padang, melalui kegiatan buka bersama tersebut. Suatu momen yang cukup jarang dilakukan, yakni hanya satu kali dalam setahun.

Baginya, momen Ramadan di mana para pejuang sosial bisa saling bertemu dan berbagi cerita tentang kondisi di lapangan dalam menjalankan peran Posdaya di tengah-tengah masyarakat. Dalam suasana berbuka puasa, bisa bercerita lebih bebas, sementara pertemuan dalam rapat lebih formal.

Sekretaris KSU Derami Padang, Latifah, bersama pengurus Posdaya berfoto bersama usai kegiatan buka puasa bersama di salah satu rumah makan di Padang/ Foto: M. Noli Hendra

“Kami para ibu-ibu pengurus Posdaya sangat senang acara seperti ini. Berkumpul, saling berbagi cerita, dan tentunya bisa saling menginspirasi, bagaimana membantu mengurangi angka kemiskinan, terutama untuk keluarga yang kurang mampu,” katanya, Sabtu (18/5/2019) malam.

Menurut Ai, dari tahun ke tahun pada setiap momen Ramadan dan berbuka puasa, memiliki tempat dan cerita yang berbeda pula. Kegiatan berbuka puasa bukanlah sebuah hura-hura, tapi dengan adanya kegiatan tersebut, dapat saling mempererat silaturahmi, karena sama-sama pekerja sosial.

Sementara itu, Sekretaris KSU Derami Padang, Latifah, mengatakan momen berbuka puasa kali ini memang sudah lama dijadwalkan antara pengurus Posdaya bersama pengurus KSU Derami.

Pada dasarnya, berbuka puasa bersama sudah merupakan hal yang biasa. Tapi bagi KSU Derami dan pengurus Posdaya, berbuka puasa adalah momen saling berbagi pengalaman.

“Saya sendiri memang terpaut hati ini ke KSU Derami, makanya dengan bisa berkumpul bersama pada Ramadan ini, adalah momen yang sangat menyenangkan,” ujarnya.

Menurutnya, yang hadir pada acara berbuka puasa bersama mulai dari jajaran 30 pengurus Posdaya di Padang, dan jajaran unit usaha Tabur Puja, dan turut hadir Pengawas KSU Derami Padang, Zasmeli Suhaemi.

“Jadi semuanya berkumpul, berbagi cerita karena jarang bertemu. Ada hal-hal yang bisa di-sharing, dari pengawas ke pengurus KSU Derami, dan dari KSU Derami untuk jajaran pengurus Posdaya,” sebutnya.

Latifah mengaku, acara berbuka puasa bersama memang sudah dirancang jauh hari. Konsepnya cukup sederhana saja, dan memang tidak melibatkan masyarakat. Berbuka puasa bersama masyarakat, bisa dilakukan oleh jajaran Posdaya.

“Nah, untuk melibatkan masyarakat yang telah menjadi anggota Tabur Puja di masing-masing Posdaya, dapat dilakukan oleh masing-masing Posdaya. Nanti pengurus koperasi bisa diundang untuk menghadirinya,” jelasnya.

Sementara itu, Pengawas KSU Derami Padang, Zasmeli Suhaemi, juga mengatakan kegiatan berbuka puasa bersama dapat dipahami sebagai hiburan juga, karena saling bercerita, bercanda, dan berbagi, adalah hal yang sangat menyenangkan.

“Selama ini mereka telah bekerja sangat keras. Nah, momen seperti ini bisa jadi bagian dari mereka yang telah bekerja keras itu, menyegarkan pikiran dari beban pekerjaan,” ucapnya.

Menurutnya, kegiatan tersebut perlu dilakukan rutin setiap tahun, mulai dari antara pengurus KSU Derami dengan Posdaya, dan diturunkan ke bawah dari Posdaya bersama masyarakat yang berada di kawasan Posdaya.

“Semoga melalui kegiatan ini, ke depan kinerja lebih baik lagi dan dapat mendatangkan hal yang positif bagi KSU Derami Padang,” harapnya.

Lihat juga...