Bulog Kaltimra Datangkan 27 Ton Daging Beku Kerbau

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BALIKPAPAN – Untuk memenuhi kebutuhan daging selama bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri di Kota Balikpapan, Perum Bulog Divre Kalimantan Timur dan Utara (Kaltimra), mendatangkan 27 ton daging beku kerbau.

Daging beku tersebut akan didistribusikan ke pasaran dan Rumah Pangan Kita (RPK) yang menjadi mitra Bulog dan pasar tradisional.

Kabid Pengadaan Operasional Pelayanan Publik Bulog Divre Kaltimra, Agung Setiabudi, mengungkapkan, permintaan daging beku cukup tinggi. Untuk Balikpapan didatangkan 27 ton, sedangkan untuk wilayah Kaltimra sebanyak 120 ton.

Kabid Pengadaan Operasional Pelayanan Publik Bulog Divre Kaltimra, Agung Setiabudi – Foto: Ferry Cahyanti

“Daging beku menjadi alternatif masyarakat. Daging beku salah satu upaya menekan dan menstabilkan harga daging yang juga mengalami kenaikan,” katanya, Jumat (17/5/2019).

Daging beku merupakan daging impor dari India berupa daging kerbau untuk dikonsumsi.

“Daging kerbau ini permintaannya cukup tinggi. Bahkan di pasar Klandasan dan Pandan Sari sudah dijual di sana,” tandasnya.

Selain daging kerbau beku, pihaknya telah menampung sebanyak 18,5 ribu ton beras baik medium dan premium. Stok ini diproyeksikan aman hingga tujuh bulan ke depan.

Selain itu, pihaknya juga telah melakukan pengadaan sebanyak 1.600 ton dari Penajam Paser Utara dan Pare-Pare.

Sementara itu, Pemilik RPK, Santi, mengatakan, pembelian kebutuhan pokok dan daging selama beberapa pekan terakhir mengalami peningkatan.

“Daging ini yang beli 40 kilogram untuk kebutuhan ramadan. Harga jualnya sendiri Rp80 ribu per kilogram,” ucapnya.

Disebutkannya, dalam sehari warga yang membeli ada sekitar 10 pembeli.

“Belinya sekitar satu kilogram atau dua kilogram. Peminatnya cukup banyak, jadi kami kalau stok habis ambil lagi ke Bulog,” imbuhnya.

Lihat juga...