hut

BUMD Tikep Pasok Bawang Merah ke Pedagang

Bawang merah - Dok: CDN

TIDORE – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Aman Mandiri Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut), memasok 1 ton bawang merah ke pedagang di Kawasan Pasar Gosalaha Goto. Direktur BUMD Aman Mandiri, Jafar Hayatudin, mengatakan pasokan bawang merah dari daratan Toseho Oba yang dibelinya dijual ke masyarakat sebesar Rp40.000 per kilogram.

Ia mengatakan, harga bawang merah yang dijual ke masyarakat itu lebih murah dibanding daerah lain, dengan tujuana membantu masyarakat memenuhi kebutuhan terhadap komoditas tersebut selama bulan suci Ramadan.

Tetapi, kata Jafar, pedagang jual dengan harga Rp60.000-Rp70.000 per kilogram, sehingga pihaknya tetap berusaha melakukan intervensi ke pedagang untuk tetap menstabilkan harga bawang merah.

Lebih jauh, ia mengungkapkan, pedagang sempat tidak ingin membeli dan menjual kembali bawang merah dari BUMD , dengan alasan kualitas bawang yang lebih rendah dibandingkan bawang merah dari Manado (Sulawesi Utara).

Bawang merah yang dipasok dari Manado itu, kata Jafar, umbinya lebih besar daripada bawang yang dipasok dari Desa Toseho Oba.  Kendati kualitas bawang merah di Toseho Oba umbinya kecil, BUMD Aman Mandiri tetap membeli sebanyak tiga ton lebih.

Sementara itu, Kepala Bidang Fasilitasi Sarana dan Distribusi Perdagangan, Disperindag Kota Tikep, A Rahman Hamzah, secara terpisah menyatakan, penambahan pasokan bawang merah ke wilayah itu karena harga naik dari Rp40.000 menjadi Rp60.000 per kilogram. Pengambilan bawang merah dari Toseho Oba itu, untuk mengantisipasi stok selama Ramadan. (Ant)

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!