Bupati Purbalingga Apresiasi Lurah Bangun Taman Kampung

Editor: Koko Triarko

PURBALINGGA – Menyadari pentingnya lahan hijau dan ruang terbuka untuk warganya, Kelurahan Kalikabong, Kecamatan Kalimanah, Kabupaten Purbalingga, mengalokasikan anggaran dari dana kelurahan untuk pembangunan taman kampung proklim.

Lurah Kalikabong, Heni Yuniarti, mengatakan, saat ini lahan hijau semakin menyempit, banyak tergusur oleh pembangunan perumahan serta pabrik-pabrik. Sehingga ia merasa perlu untuk membuat lahan hijau, demi menjaga keseimbangan alam.

“Kita akan bangun Taman Kampung Proklim, sebagai area penghijauan dan peneduh bagi kampung ini, sekaligus menjadi tempat bermain anak-anak dan tempat wisata edukasi,” jelas Heni, saat menerima kunjungan Bupati Purbalingga, Rabu (29/5/2019).

Lurah Kalikabong, Heni Yuniarti (kiri) memberikan penjelasan tentang pembangunan taman kampung proklim kepada Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, Rabu (29/5/2019).  -Foto: Hermiana E. Effendi

Taman kampung proklim berlokasi di RW 04, Kelurahan Kalikabong, dan pembangunan fisiknya akan dilakukan pada tahun ini, dengan anggaran Rp 99 juta.

Untuk tahun ini, Kelurahan Kaligondang mendapatkan bantuan Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan sebesar Rp465 juta.

Dana tambahan DAU tersebut dipergunakan untuk membangun taman kampung proklim, kemudian membangun perpustakaan, pemeliharaan lapangan sepak bola serta kegiatan pengaspalan jalan.

Heni menjelaskan, konsep pembangunan taman yang utama adalah sebagai area penghijauan. Namun dengan dilengkapi beberapa sarana bermain bagi anak-anak, seperti ayunan, prosotan dan sejenisnya. Disediakan juga tempat duduk untuk keluarga.

“Taman ini dibangun di atas tanah aset pemerintah daerah. Selama ini, tanah tersebut dibiarkan saja tanpa ada peruntukannya, sehingga kami berinisiatif untuk memanfaatkan dengan membangun taman kampung proklim. Sekaligus sebagai upaya kami untuk menyelamatkan aset pemkab, supaya tidak disalahgunakan oleh warga untuk mendirikan bangunan atau rumah tanpa izin,” ungkapnya.

Terkait rencana pembangunan taman kampung proklim ini, Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi, menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya. Warga kelurahan masih memikirkan keberlanjutan lingkungan dan berupaya untuk menjaganya.

Selain itu, lanjut Bupati Purbalingga yang biasa disapa Tiwi, format alokasi anggaran sangat seimbang, tidak hanya melulu untuk peningkatan infrastruktur seperti pembangunan jalan, tetapi juga ada alokasi anggaran untuk pelestarian lingkungan.

“Semoga yang dilakukan Kelurahan Kalikabong ini dapat dicontoh oleh kelurahan atau desa lain, dan pembangunan taman kampung proklim bisa membawa banyak manfaat bagi masyarakat sekitar,” pungkasnya.

Lihat juga...