hut

Cafe Rakyat Damandiri, Tempat Favorit Ngabuburit

Editor: Mahadeva

YOGYAKARTA – Warung cafe rakyat Damandiri yang berada di Desa Mandiri Lestari Tamanmartani, Kalasan, Sleman, menjadi tempat favorit warga menunggu berbuka puasa.

Setiap sore, pengunjung memenuhi warung yang merupakan unit usaha Koperasi Tamanmartani Sejahtera untuk Ngabuburit. Masyarakat datang secara berkelompok, mulai dari anak-anak, remaja atau mahasiswa, hingga bapak-bapak dan ibu-ibu. Mereka yang datang dari berbagai kelompok atau instansi.

Manager Koperasi Tamanmartani Sejahtera, Maimunah, (putih) – Foto: Jatmika H Kusmargana

“Setiap sore selalu ramai. Antara pukul 16.00 hingga 19.00 WIB. Bahkan kadang tempat sampai penuh dan tidak mencukupi. Pengunjungnya beragam, mulai dari mahasiswa hingga rombongan bukber dari sejumlah instansi,” ujar Manager Koperasi Tamanmartani Sejahtera, Kalasan, Maimunah.

Banyaknya pengunjung yang datang memberi dampak positif bagi pengembangan warung cafe rakyat Damandiri. Maimunah menyebut, selama puasa terjadi peningkatan omset hingga lebih dari lima persen. “Selama puasa, omset warung meningkat sebesar kurang lebih lima persen. Rata-rata kita bisa dapat pemasukan Rp800ribu per-hari,” ujarnya.

Salah seorang pelanggan, Sirotin, mahasiswi salah satu perguruan tinggi di Jogja, mengaku sudah beberapa kali ngabuburit di Warung Cafe Rakyat Damandiri. Dia datang bersama teman-temannya. Ia mengaku senang menikmati waktu berbuka di tempat tersebut, karena suasana yang lain dari biasanya.

“Disini suasana warungnya enak, nyaman. Dekat dengan sawah. Pemandangannya juga bagus. Bisa lihat langsung candi Prambanan. Selain itu, makanannya juga enak dan murah. Saya paling suka menu rica-rica dan capcai-nya,” ujarnya.

Lihat juga...