Cuaca Cukup Panas, Jaga Kesehatan Selama Berpuasa

Editor: Mahadeva

PADANG – Suhu udara di sejumlah daerah di Sumatera Barat saat ini terbilang cukup panas. Angka terendah mencapai 30 derajat celcius.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat Merry Yuliesday/Foto: M. Noli Hendra

Dengan kondisi tersebut, bagi yang menjalankan puasa diminta untuk menjaga pola hidup sehat. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Merry Yuliesday, mengatakan, menjaga pola makan sangat penting, agar kesehatan selama berpuasa tetap terjaga. Dalam mengkonsumsi makanan dan minuman, tidak boleh berlebihan, karena kesehatan usus dan lambung sangat tergantung dengan pola makan dan minum yang baik. Selama berpuasa, terjadi perubahan jadwal makan.

Khusus makan nasi, dari biasanya tiga kali sehari, kini hanya dua kali sehari, yaitu saat buka dan sahur. “Oleh karena itu, berupayalah menerapkan pola makan yang wajar dan tidak berlebihan, supaya kesehatan selalu terjaga. Dengan menjaga pola makan, maka kesehatan lambung dan usus bisa terjaga, serta dapat beradaptasi dengan kondisi puasa,” jelasnya, Jumat (10/5/2019).

Mengkonsumsi sayur dan buah segar, serta berbuka dengan makanan dan minuman yang manis sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan. Tujuannya, agar usus dan lambung tetap terjaga dengan baik.

Masyarakat diimbau bisa menjaga kebersihan, baik diri sendiri maupun lingkungan tempat tinggal. Istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan bergizi. Ramadan jangan dijadikan alasan untuk bermalas-malasan.

Konsumsi air putih porsinya tetap delapan gelas, sama seperti hari biasa. Hanya saja saat ini konsumsi air dilakukan mulai waktu berbuka puasa hingga jelang imsak. Konsumsi delapan gelas air diatur jaraknya, agar perut tidak kembung karena kebanyakan terisi air.

Masyarakat tetap disarankan mengkonsumsi sayur dan buah, dengan porsi masing-masing semangkok. “Saat sahur jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis. Seperti teh dan kopi. Kalau kita minum yang manis-manis kita mudah haus saat puasa. Jadi bawaannya akan mudah cepat lelah,” tambahnya.

Saat puasa seseorang juga harus tetap melakukan olahraga meski hanya ringan, seperti jalan santai pagi atau sore.  Serat membantu menjaga usus bekerja dengan baik dan memperlambat penguraian makanan menjadi glukosa dalam darah. “Serat larut juga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dalam darah,” jelasnya.

Lihat juga...