hut

Demo 22 Mei, Warga Jakarta Diminta Berkegiatan Seperti Biasa

Editor: Mahadeva

JAKARTA – Warga Jakarta yang tidak memiliki kepentingan terhadap aksi demonstrasi, maupun tidak memiliki aktivitas di sekitar Jl MH Thamrin, diminta untuk tidak berkumpul atau menuju titik tersebut.

Keramaian yang timbul, disebut-sebut akan memancing ketegangan. Dan masyarakat bisa ikut terprovokasi dari aksi demonstrasi. “Tapi kalau kita, waktunya dihabiskan untuk melihat apa yang terjadi di sini, suasananya langsung jadi seperti tegang mencekam. Karena itu warga Jakarta berkegiatan seperti biasa dan Insyaallah, ini semuanya akan berujung dengan tenang,” ujar Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Rabu (22/5/2019), di sela-sela meninjau langsung kawasan di sekitar kantor Bawaslu RI, di Jalan MH Tamrin.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu meminta, warga Jakarta untuk tenang, serta melakukan aktivitas seperti biasa. “Kalau ini (demonstrasi) kan, daerah sini saja. Saya anjurkan warga Jakarta tenang dan beraktivitas seperti biasa. Kalau kita bekerja seperti biasa, maka akan biasa-biasa saja,” tandasnya.

Mengenai pengamanan aksi demo di depan kantor Bawaslu maupun KPU dilakukan TNI dan Polri. Sedangkan Pemprov DKI Jakarta akan membantu dengan menerjunkan Satpol PP DKI serta tim kesehatan. Pemprov DKI menerjunkan Satpol PP sebanyak 300 orang petugas, yang membantu masalah kesehatan.

Petugas di tempatkan di sekitar pasar serta perkantoran. “Kalau pengamanan langsung di lokasi demo, tidak. kita di Satpol PP itu lebih pada membantu tim kesehatan yang bekerja di lapangan,” tandasnya.

Kehadiran Anies Baswedan di Jalan MH Thamrin, dalam upaya memeriksa tim medis dari Dinas Kesehatan DKI yang bersiaga di lokasi. “Saya ke sini mau inspeksi fasilitas kesehatan kita. Dari semalam mereka membawa beberapa orang yang luka ke RS dan kita pastikan semua dirawat dengan baik,” ujar Anies.

Menurutnya, saat ini tim medis dalam keadaan aman. Tim pembersih jalan dari Dinas Lingkungan Hidup maupun dari masing-masing kelurahan dan kecamatan telah beraktivitas normal. “Truk sampah berjaga karena tim kebersihan jalan terus,” tegasnya.

Seperti diketahui, pada Selasa (21/5/2019) malam hingga Rabu (22/5/2019) dini hari, di wilayah sekitar Jalan MH Thamrin, Tanah Abang, hingga Petamburan, Jakarta terjadi kerusuhan. Terjadi bentrok antara peserta aksi demonstrasi menolak hasil Pemilu 2019 yang tidak mau membubarkan diri dengan pihak aparat keamanan.

Lihat juga...