hut

Diduga Bom, Polda Kalsel Ledakkan Barang Mencurigakan

BANJARMASIN  – Anggota tim penjinak bom (Jibom) Satbrimobda Polda Kalsel meledakkan benda mencurigakan yang diduga bom di halaman parkir Toko Serina Mabuun, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Kalsel.

Kepala Tim Jibom Satbrimobda Polda Kalsel, Ipda Zainul Arifin di Tanjung, Minggu, mengatakan sebelumnya benda misterius tersebut telah dianalisa dengan alat pendeteksi bom.

“Hasil analisa dengan ‘X-ray’ terdapat sejumlah material berupa kabel dan alat yang diduga sebagai konektor,” ucapnya.

Tia menuturkan, pelaksanaan X-ray dengan “open vision” dan tes pindai selanjutnya lokasi penemuan benda disterilkan sebelum dilakukan peledakan.

Usai barang mencurigakan itu diledakkan terlihat hancur dan mengeluarkan semua isinya.

Tim Jibom belum dapat memberikan keterangan pasti benda misterius yang sempat membuat geger warga Kelurahan Mabuun pada Minggu dini hari itu.

“Untuk informasi lebih akurat akan kami lakukan pemeriksaan lanjutan,” tutur Zainul usai melakukan peledakan benda yang diduga bom tersebut.

Sementara Kapolres Tabalong, AKBP Hardiono, meminta kepada masyarakat agar tidak perlu takut karena situasi sudah aman terkendali.

“Material yang ada dalam benda tersebut akan dibawa ke Banjarbaru untuk dilakukan penelitian secara mendalam,” jelas Hardiono.

Kapolres Tabalong juga mengimbau kepada masyarakat agar segera melapor ke pihak kepolisian jika menemukan benda mencurigakan.

Sebelumnya, benda berbentuk kotak warna hitam ditemukan salah satu karyawan Toko Serina M Arsyad pada Minggu dini hari.

Selanjutnya pihak toko melaporkan benda mencurigakan tersebut ke Polres Tabalong, dan ditindak lanjuti oleh Tim Jibom dari Satbrimob Polda Kalsel. (Ant)

Lihat juga...