DKP Dorong Masyarakat Sumbar Budidaya Udang Vaname

Editor: Mahadeva

PADANG – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatera Barat mendorong mayarakatnya untuk membudidayakan udang vaname.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat Yosmeri/Foto: M. Noli Hendra

Usaha budi daya udang vaname, dinilai menjadi usaha yang cukup menjanjikan karena memiliki masa panen empat hingga lima bulan. Kepala DKP Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Yosmeri, mengatakan, daerah yang telah melakukan budi daya udang vaname tersebar adalah, Kabupaten Pasaman Barat, Padang Pariaman, Agam, Pesisir Selatan, dan Kota Padang.

Lima daerah itu, kini produksi udang vanamenya sangat bagus. “Kita mendorong masyarakat membudidayakan udang vaname. Selain memiliki keuntungan yang bagus, usaha ini juga turut memanfaatkan lahan-lahan yang selama ini belum tergarap. Melalui budi daya udang vaname, akan muncul lahan yang sebelumnya tidur, bisa dikelolah untuk begerak di bidang perikanan,” katanya, Senin (20/5/2019).

Namun, dalam upaya membuka lahan untuk budi daya udang vaname, DKP meminta masyarakat ataupun investor, tetap memperhatikan lingkungan. Hal itu dikarenakan, budi daya udang vaname harus berdekatan dengan pantai, yang banyak tumbuh bakau ataupun mangrove. Sangat diharapkan, usaha tersebut tidak merusakan tanaman tersebut.

“Persoalan izin membuka tempat budi daya udang vaname bukan dari DKP, tapi merupakan kewenangan Dinas Lingkungan di kabupaten dan kota, karena dalam membuka lahan budi daya udang vaname tidak masuk ke wilayah laut,” ujarnya.

Budi daya udang vaneme cukup menjanjikan, karena telah didukung teknologi seperti mesin pemompa air ke dalam tambak udang. Masa panen udang yang tidak lama yakni hanya sekira empat sampai lima bulan. Artinya, dengan melihat potensi yang cukup menjanjikan tersebut, budi daya udang vaname menjadi usaha perikanan yang sedang menjadi primadona di masyarakat. Selain itu, udang vaname juga dikenal sebagai udang yang dapat dibudidayakan dengan tingkat ketahanan yang tinggi terhadap serangan hama penyakit.

“Jadi udang vaname juga masuk kedalam daftar udang yang mempunyai tingkat pertumbuhan lumayan cepat, sehingga petani tambak akan lebih cepat mendapatkan hasil. Oleh karenanya semakin banyak orang yang mulai tertarik membudidayakan udang vaname ini,” ungkapnya.

Petani udang vaname bisa mendapatkan bibit dari Jawa dan Medan. Selain bibit yang mudah didapatkan, di Sumatera Barat juga memiliki tenaga terampil yang cukup banyak, untuk membuat dan membudidayakan udang vaname.

Lihat juga...