hut

DLH Pesisir Selatan Tambah Tong Sampah di Lokasi Wisata

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PESISIR SELATAN – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, bakal menambahkan jumlah tong sampah di setiap lokasi wisata, guna mengatasi terjadi penumpukan sampah, akibat  padatnya pengunjung di sejumlah lokasi wisata di daerah tersebut.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni, mengatakan, adanya upaya penambahan jumlah tong sampah itu, karena Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan berkomitmen untuk mengatasi masalah kebersihan dan sampah yang diperkirakan menumpuk.

Hal ini dilakukan, karena menjadi hal penting yang harus diperhatikan ketika lonjakan pengunjung ke kawasan wisata tinggi.

Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni – Foto: M. Noli Hendra

Ia menyebutkan, sejauh ini tong sampah yang tersedia di kawasan wisata belum begitu banyak.

Memang selama ini dari tong sampah yang ada, cukup memadai. Namun hal itu bukan untuk menyambut libur lebaran.

Untuk itu pada momen libur lebaran mendatang, diperhitungkan perlu menambah tong sampah.

“Jumlahnya nanti sesuai permintaan dari Dinas Pariwisata berapa yang dibutuhkan. Intinya kita di Dinas Lingkungan mendukung dan berkomitmen untuk mewujudkan lingkungan bersih di kawasan wisata tersebut,” katanya, Rabu (22/5/2019).

Ia menjelaskan tong sampah yang akan ditambah untuk kawasan wisata diantaranya di Kawasan Mandeh seperti di Pulau Setan, Sei Nyalo dan Kawasan Pantai Carocok Painan. Lokasi itu merupakan lokasi paling ramai didatangi pengunjung dari berbagai daerah di Sumatera Barat, maupun di provinsi lainnya.

Hendrajoni menegaskan, jajarannya juga telah mempersiapkan jauh-jauh hari tentang menyambut libur lebaran tahun ini. Selain pembahasan tong sampah untuk mewujudkan lingkungan yang bersih, parkir dan yang lainnya juga turut dibahas.

“Kita di Pemkab Pesisir Selatan benar-benar ingin menciptakan suasana wisata pada libur lebaran yang aman dan nyaman. Mulai dari kebersihan lingkungan hingga ketertiban dalam memakirkan kendaraan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan, Hadi Susilo, mengatakan, adanya keperluan menambah tong sampah itu, karena ada hal yang ingin diharapkan oleh Pemkab Pesisir Selatan kepada pengunjung yakni kata – kata kepuasan.

Menurutnya Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga selalu mengajak masyarakat di daerah untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kawasan objek wisata di kabupaten itu agar terlihat tetap rapi dan indah.

“Objek wisata yang indah dan menawan, namun apabila kebersihannya tidak terjaga dengan baik maka akan hilang keindahannya, apalagi bagi wisatawan yang ingin mengabadikan keindahan gambar,” katanya.

Ia menyebutkan, kebersihan merupakan salah satu pemikat bagi calon wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata tersebut. Apabila kebersihannya terjaga maka pengunjung akan ramai dan betah berlama lama di kawasan itu.

“Maka dari itu dukungan penuh dari masyarakat sangat diharapkan agar kawasan wisata kita selalu ramai dikunjungi wisatawan dan pada akhirnya juga akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat sekitar,” jelasnya.

Pihaknya sudah berupaya menjaga kebersihan pantai dan objek wisata di kabupaten itu dengan menugaskan sejumlah petugas kebersihan pada objek-objek wisata yang sudah terkenal dan menjadi andalan kabupaten itu.

“Mengandalkan petugas kebersihan juga tidak cukup tanpa dibarengi dengan kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan dan keindahan objek wisata tersebut,” katanya.

Untuk membuat para pengunjung merasa nyaman berada di kawasan wisata itu, maka kebersihan harus selalu dijaga. Selain itu nantinya akan ada imbauan yang dipasang untuk setiap lokasi wisata, untuk menjaga kebersihan dan membuang sampah di tong sampah yang telah disediakan.

“Apabila kawasan wisata kita berbau tidak sedap dengan sampah yang berserakan maka dapat dipastikan pengunjung pantai akan terganggu atau merasa tidak nyaman,” ungkapnya.

Hadi juga mengimbau sebagai warga yang sadar akan potensi wisata daerah tentu bisa menjaga kebersihan agar kunjungan wisata terus berlanjut.

“Mari kita bersama peduli dengan kebersihan objek wisata di daerah ini agar semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Pessel,” katanya.

Lihat juga...