Es Kelapa Muda, Menu Berbuka Paling Dicari di Denpasar

Editor: Mahadeva

DENPASAR – Ramadan adalah bulan penuh berkah bagi setiap umat muslim. Di Indonesia, Ramadan selalu diwarnai tradisi unik, yang hingga saat ini masih digandrungi masyarakat.

Salah satunya adalah, berburu kudapan berbuka puasa atau takjil. Biasanya, masyarakat berburu menu buka puasa dengan mencari minuman yang segar. Salah satunya yang dicari adalah es kelapa muda.

Es kelapa muda dirasakan paling pas, untuk meredakan haus dan dahaga, setelah seharian penuh berpuasa. Mengutip sejumlah penilitian, air kelapa muda (Cocos nucifera) mengandung beberapa nutrisi, yang cocok untuk kebutuhan tubuh manusia. Secara umum, kandungan kelapa muda yaitu 16 kalori dan 4,1 gram gula. Sedangkan daging buahnya, mengandung 77 kalori, 1,4 gram protein, 3.6 gram lemak, 10 gram gula, 257 gram kalium, dan 6 miligram vitamin C.

Kelapa muda juga mengandung kalium yang tinggi. Bahkan lebih tinggi dibandingkan apabila memakan empat buah pisang. Sehingga sudah barang tentu, takjil menjadi salah satu favorit bagi masyarakat khususnya di bulan puasa. Di Denpasar, es kelapa muda sangat laku keras. Nelita Putri, salah seorang penjual es kelapa muda di kawasan Denpasar Barat menyebut, harus kewalahan meladeni pembeli.

“Ya, alhamdulillah, sekarang ramai. Mungkin karena masyarakat butuh minum yang segar, setelah seharian menjalankan ibadah puasa,” tandasnya, Sabtu (25/5/2019).

Satu porsi es kelapa muda dijual Rp5.000. Sementara untuk es kelapa muda, utuh dihargai Rp15.000 per-biji. Setiap hari, Nellita bisa menjual puluhan buah kelapa muda, yang didatangkan dari Jembrana dan Karangasem. Buah kelapa muda dari dua daerah di Bali tersebut cenderung berukuran besar, dengan syarat isi baik daging serta air kelapanya. “Biasanya ini akan berlangsung hingga H-1 lebaran,” imbuh wanita asal Lumajang Jawa Timur tersebut.

Junedi, salah seorang warga, mengaku meminum es kelapa muda setiap hari selama Ramadan. Selain karena murah, es kelapa cenderung aman untuk dikonsumsi, sekaligus sebagai salah satu media untuk beberapa jenis penyakit. “Biasanya es Kelapa muda ini kami campur dengan madu, sereh serta jeruk. Berbagai khasiat sudah dirasakan seperti darah rendah dan aman untuk diabetes,” pungkas Junaedi.

Lihat juga...