hut

Gattuso-Leonardo Tinggalkan Milan

Editor: Makmun Hidayat

Gannaro Gattuso tinggalkan Milan setelah gagal membawa klub ke Liga Champions. - Foto: acmilan.com

MILAN — Pelatih AC Milan, Gennaro Gattuso bakal meninggalkan klub yang telah membesarkan namanya. Selain Gattuso Direktur Teknik klub, Leonardo, juga bakal hengkang. Pengumuman kepergian keduanya direncanakan bakal dilakukan hari ini.

Dilansir laman Football Italia, Keputusan kepergian Gattuso diambil setelah ia melakukan pertemuan dengan CEO Ican Gazidis. Pertemuan menghasilkan kesepakatan bahwa kontrak yang masih tersisa dua tahun bakal diakhiri. Sesuai kontrak masa jabatan Gattuso baru akan berakhir pada Juni 2021 mendatang.

Bagi Milanisti, kepergian Gattuso sebenarnya tidak mengejutkan. Gattuso sudah mendapat desakan untuk melepas jabatannya menyusul inkonsistensi performa Rossoneri. Namun Gattuso tetap bertahan di posisinya sampai kompetisi berakhir.

Milan yang berambisi kembali ke Liga Champions akhirnya harus puas finish di urutan lima klasemen akhir Serie A di bawah Atalanta dan Inter Milan. Dengan hasil itu, Milan hanya akan bermain di Liga Eropa musim depan.

Gattuso sendiri mengambil alih kendali tim senior dari Vincenzo Montella pada November 2017. Saat itu Milan dalam kondisi terpuruk dan Gattuso dihadirkan sebagai penyelamat setelah dua bulan dipercaya menangani tim Primavera di Milanello.

Selama menukangi Rossoneri, Gattuso mengantar klub meraih 40 kemenangan, 22 hasil seri dan 20 kali kekalahan. Setelah kepergiannya, sejumlah nama muncul sebagai kandidat. Di antaranya Leonardo Jardim, Simone Inzaghi, dan Giampaolo.

Nama terakhir adalah pelatih Sampdoria. Nama terakhir memunculkan scenario yang menarik mengingat Gattuso sempat dikaitkan dengan posisi sebagai pelatih Sampdoria. Bila Giampaolo ke Milan maka bukan mustahil terjadi pertukaran di mana Gattuso berlabuh di Sampdoria.

Fiorentina, adalah klub lain yang meminati Gattuso. Menurut La Gazzetta dello Sport, pemailik baru klub, Rocco Commisso juga ingin menggunakan jasa Massimiliano Mirabelli sebagai Direktur Olahraga Fiorentina.

Mirabelli adalah figure yang mempromosikan Gattuso pada 2017 silam dan memberikan dukungan penuh setelahnya, bahkan meski dapat tekanan dari pemilik klub di China.

Direktur Teknik Milan, Leonardo, sejak beberapa hari ini dilaporkan mundur dari posisinya. Pengunduran diri dilakukan setelah ia mendapatkan tawaran dari Federasi Sepakbola Brasil. Tawaran juga datang dari mantan klub lamanya, Paris Saint-Germain (PSG).

Lihat juga...