hut

Greg Hambali: Ibu Tien Peduli pada Hortikultura Indonesia

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BOGOR – Kehadiran Taman Buah Mekarsari atas prakarsa Ibu Tien Soeharto, adalah sebagai bentuk kepeduliannya pada perkembangan hortikultura Indonesia. Dengan adanya Taman Buah Mekarsari diharapkan perkembangan hortikultura Indonesia akan terus bergerak ke arah yang lebih baik.

Research and Agronomy Advisor, Taman Buah Mekarsari, Gregori Garnadi Hambali, yang bergabung di Taman Buah Mekarsari pada tahun 1997 menyatakan, Ibu Tien memahami makna dari hortikultura.

“Saya sempat ketemu sebentar dengan Ibu Tien. Beliau orang yang sangat peduli dengan perkembangan hortikultura,” kata Greg Hambali, demikian akrab dipanggil, saat ditemui di lokasi pameran tanaman langka miliknya di Taman Buah Mekarsari, Rabu (22/5/2019).

Ia melanjutkan, Ibu Tien mengerti bahwa dengan perkembangan hortikultura yang baik maka dapat diartikan bahwa lingkungan sekitarnya juga baik.

“Dengan hortikultura yang baik maka rakyat juga sehat. Karena kebutuhan akan vitamin, protein dan mineral, selain energi akan terpenuhi,” ucapnya.

Bapak Aglaonema ini mencontohkan, saat kita memakan buah durian, kita akan merasa kenyang. Walaupun tidak makan nasi. Karena buah durian mengandung air dan juga karbohidrat, selain vitamin.

Didasarkan pada hal inilah, Greg mengharapkan para generasi muda bisa memahami apa yang ingin diajarkan oleh Ibu Tien melalui pendirian Taman Buah Mekarsari ini.

“Generasi muda jangan mau kalah dengan seniornya terkait pengetahuan tentang tanaman. Harus belajar terus dan sadar akan lingkungan,” ujar Greg lebih lanjut.

Ia menjelaskan generasi muda harus menyadari para generasi muda itu tidak hidup sendiri. Harus punya visi jauh ke depan tentang apa yang dibutuhkan bagi lingkungan yang berkelanjutan dan bermutu.

“Jadi harus dipahami bahwa lingkungan yang cantik artinya orang yang sehat. Orang sehat, ya masyarakat sehat,” tegasnya.

Greg mengharapkan semua pihak yang terkait di Taman Buah Mekarsari harus bekerja keras untuk tetap menjaga kualitas Taman Buah Mekarsari, bahkan meningkatkan.

“Harus buat lingkungan bertambah baik, terus mengembangkan tanaman-tanaman sehingga semakin beragam. Penelitian juga terus dilakukan. Sehingga apa yang diharapkan oleh Ibu Tien akan tercapai dan akan semakin banyak orang yang akan datang ke sini,” pungkasnya.

Lihat juga...