GT Cikampek Utama Dipastikan Selesai Sebelum Arus Puncak Mudik

Gerbang Tol Cikampek Utama I (Foto Ant)

CIKAMPEK – PT Jasa Marga (Persero) memastikan, Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama, sebagai pengganti GT Cikarang Utama, pembangunannya bisa selesai sebelum puncak arus mudik 2019.

Diperkirakan puncak arus mudik tahun ini akan terjadi pada 30 hingga 31 Mei 2019. “Saat ini pembangunan GT sudah mencapai 85 persen. Bahkan pada 23 Mei jam 00.00, sudah bisa digunakan,” kata Maintenance Group Head PT Jasa Marga, Rudy Hardiansyah, Senin (20/5/2019).

GT Cikampek Utama nantinya akan memiliki 30 GT, yaitu 15 GT arah timur dan 15 GT arah barat. Pada puncak arus mudik dan balik, seluruh GT akan difungsikan. Hal itu, untuk mengantisipasi kemungkinan padatnya volume kendaraan bermotor. Namun untuk hari-hari normal atau liburan akhir pekan jumlah GT yang dibuka hanya enam sampai tujuh. Saat pembukaan GT Cikampek Utama pada 23 Mei nanti dan sebelum puncak mudik, jumlah GT yang dibuka tujuh untuk GT arah barat dan tujuh GT arah timur. “Saat ini pembangunan GT sudah dalam taraf penyelesaian, sehingga nanti tgl 23 Mei sudah bisa digunakan 14 GT,” kata Rudy.

GM PT Jasa Marga Cabang Jakarta-Cikampek, Raddy R Lukman, mengatakan, jumlah kendaraan yang menuju ke arah Jawa Tengah akan semakin berkurang , karena banyak yang sudah keluar dari GT Ciperna kilometer 205, GT Pejagan kilometer 248 dan beberapa gerbang tol lain yang berada sebelum GT Brebes Barat.

“Perkiraan jumlah kendaraan sebanyak 150.000 di Cikarut, di Cikampek sudah 75.000 atau 80.000 kendaraan paling banyak. Kemudian Palimanan Kanci lebih banyak lagi yang keluar terutama di Ciperna. Kemudian lanjut di Palimanan Kanci, Kanci Pejagan, berakhir di Brebes Barat. Disini akan tetap diatur sedemikian rupa sehingga tidak padat,” ungkapnya.

Selain menyiapkan banyak pintu di GT Cikampek Utama, Jasa Marga juga tetap menyediakan mobile reader untuk pembayaran menggunakan kartu, sehingga bisa mempercepat antrean kendaraan yang akan membayar. Jasa Marga, menjelang arus mudik dan balik akan menyiapkan lokasi khusus di bekas GT Cikarang Utama untuk membeli kartu atau menambah serta mengisi dana untuk pembayaran tol. “Semua perbankan baik BN maupun swasta yang melayani pembayaran gunakan kartu akan disiapkan di lokasi yang kita sediakan,” tandasnya.

Lihat juga...