hut

Gubernur DKI Ajak Masyarakat Tunaikan Zakat, Infak dan Sedekah

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengajak masyarakat untuk menunaikan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) melalui Baznas Bazis DKI Jakarta.

Anies mengatakan, ZIS tersebut sangat berguna untuk membantu mustahik di DKI Jakarta, terutama dalam memenuhi kebutuhan dasar serta meningkatkan kesejahteraannya.

“ZIS menjadi instrumen penting dalam mengatasi permasalahan sosial dan peningkatan kesejahteraan di Ibukota,” ujar Anies di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (29/5/2019).

Dalam kegiatan yang mengangkat tema “Zakat Bahagiakan Kita” tersebut Anies berharap semua lapisan masyarakat di DKI Jakarta betul-betul bisa merayakan Hari Kemenangan dengan penuh kebahagiaan.

“Kita ingin saudara-saudara kita yang kurang mampu juga dapat merayakan Lebaran dengan penuh kebahagiaan,” ungkapnya.

Kemudian mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu meminta kegiatan Baznas Bazis DKI Jakarta yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC), untuk tidak diselenggarakan. Karena menurutnya harga sewanya mahal.

Anies meminta kegiatan Baznas DKI Jakarta diselenggarakan di Balai Kota mulai tahun ini.

“Zakat nilainya Rp 3,5 miliar, tapi sewanya (JCC) Rp 500 juta. Alhamdulillah tahun ini diselenggarakan di Balai Agung,” ujarnya.

Selain itu orang nomor satu di DKI Jakarta itu meminta Baznas Bazis DKI Jakarta melakukan efisiensi dalam kegiatannya. Dia ingin zakat, infak, dan sedekah yang dikumpulkan bisa disalurkan ke orang yang berhak dengan maksimal.

“Tahun ini diselenggarakan di Balai Kota. Tujuannya adalah untuk menghemat biaya agar uang yang terkumpul lebih banyak dipakai untuk para kaum miskin, duafa. Daripada dipakai untuk kegiatan penyelenggaraan acara,” sebutnya.

Anies berharap jajaran aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemprov DKI Jakarta bisa membayarkan zakat melalui Baznas Bazis DKI Jakarta.

“Kita harap PNS di lingkungan Pemprov DKI semua akan datang ke sini mereka akan membayarkan zakat, infak, sedekahnya,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Baznas Bazis DKI Jakarta, Luthfi Fathullah sangat mengapresiasi para pejabat di lingkungan Pemprov DKI yang telah menunaikan ZIS melalui Baznas Bazis DKI Jakarta.

“ZIS yang terkumpul akan diserahkan kepada mereka yang berhak, para mustahik,” terangnya.

Dia menambahkan, tahun ini Baznas Bazis DKI Jakarta menargetkan pengumpulan ZIS hingga Rp 200 miliar. Sehingga, bantuan yang diterima para mustahik juga bisa lebih maksimal lagi.

“Tahun lalu kita mampu mengumpulkan ZIS sebesar Rp 195 miliar,” tutupnya.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!