hut

Gubernur NTB Imbau Sopir Utamakan Keselamatan

Editor: Koko Triarko

MATARAM – Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Zulkiflimansyah, meminta kepada para sopir bus yang mengangkut pemudik, baik antarprovinsi maupun kota, agar senantiasa mengutamakan keselamatan penumpang.

Permintaan tersebut disampaikan Zul, ketika meninjau terminal keberangkatan Mandalika dan pelepasan mudik gratis khusus mahasiswa dengan tujuan Mataram-Bima-Dompu, di kantor Dinas Perhubungan NTB, Jumat (31/5/2019).

“Kepada para sopir, dalam mengendarai kendaraan, agar senantiasa berhati-hati selama di jalan, serta mengutamakan keselamatan penumpang, agar bisa selamat sampai tujuan,” pesan Zul.

Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat, Zulkiflimansyah (tengah) melepas mudik gratis bagi masyarakat Bima dan Dompu di halaman kantor Dinas Perhubungan NTB –Foto: Turmuzi

Menurutnya, kewaspadaan dan kehati-hatian selain bisa memberikan rasa aman bagi penumpang, juga bisa meminimalisir terjadinya kecelakaan kendaraan selama mudik lebaran.

Pelepasan mudik gratis tujuan Dompu dan Bima sejumlah 135 orang, yang sebagian merupakan mahasiswa.

Selain meninjau terminal keberangkatan Mandalika, Zul juga meninjau arus mudik di Pelabuhan Lembar dan Lombok International Airport untuk melihat langsung kesiapan mudik lebaran.

Kepala Dinas Perhubungan NTB, Lalu Bayu Windiya, mengatakan, arus mudik lebaran melalui jalur darat 2019 diperkirakan akan mengalami peningkatan, mulai H-3 sampai H-1 lebaran.

Peningkatan tersebut diperkirakan akibat adanya peralihan penumpang dari yang sebelumnya biasa menggunakan pesawat beralih ke angkutan darat akibat mahalnya harga tiket pesawat.

“Mengenai jumlah peningkatan penumpang sendiri, kami belum bisa menyampaikan berapa jumlah pasti, karena pergerakan arus penumpang sampai sekarang masih terus berlangsung” katanya.

Lihat juga...