Harpitnas, Hari Ini 2,19 Persen ASN DKI Jakarta Cuti

Editor: Mahadeva

JAKARTA – Sebanyak 2,19 persen Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov DKI Jakarta, mengambil cuti pada Jumat (31/5/2019).

Meski cukup banyak PNS yang mengajukan cuti, pelayanan administrasi kependudukan maupun pelayanan lain di Pemprov DKI Jakarta tetap diberikan secara optimal. “Jadi hanya dua persen. Dua persen cuti. Dua persen sih aman lah,” kata Gubernur DKI Jakarta, Aneis Baswedan, Jumat (31/5/2019).

Anies menyebut, jauh-jauh hari sudah ditata mekanisme menghadapi hal tersebut, guna melancarkan administrasi pelayanan. “Tetap jalan terus semua berjalan seperti biasa. Semua dan jadwal itu, udah ditentukan sejak awal Ramadan jadi nggak ada bedanya. itu aja, dan selama liburan mulai Senin jadwal kesehatan seperti biasa,” tandasnya.

Dia memastikan, pegawai masih masuk hingga 1 Juni 2019 mendatang. Sebab di 1 Juni, para ASN masih harus mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila. “Kelihatannya masuk normal dan memang bukan karena soal ini, karena besok ada upacara 1 Juni. Jadi meskipun hari ini, Jumat kejepit hari ini, tapi dari sisi perjalanan mereka belum merencanakan untuk pulang,” ujar Anies.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah DKI, Chaidir, mengatakan, pegawai yang mengajukan tidak masuk dengan cuti hanya berkisar dua persen. Di masyarakat, hari ini dikenal dengan istilah hari kejepit nasional (harpitnas), karena diapit dua hari libur. “2,19 persen yang ambil cuti, dan tidak masuk dari 62 ribu pegawai DKI Jakarta per pukul 10.14 WIB,” tuturnya.

Angka tersebut, tidak termasuk guru di DKI yang berjumlah 35 ribu orang. Pasalnya, guru mengikuti jadwal masuk sekolah. “Guru ikut jadwal sekolah, mereka enggak ikut jadwal yang umum. Kalau yang tidak masuk nanti ditindak sesuai Peraturan Pemerintah saja,” jelas Chaidir.

Diketahui, Sabtu (1/6/2019) sebagai hari libur memperingati hari lahir Pancasila. Kemudian hari Senin (3/6/2019) cuti bersama ASN di 2019 untuk Idul Fitri 1440 Hijriah. Sebelumnya, Pemerintah menetapkan cuti bersama bagi ASN di 2019 sebanyak empat hari. Rinciannya, cuti bersama pada Hari Raya Idul Fitri ditetapkan tanggal 3, 4 dan 7 Juni 2019. Sedangkan satu hari untuk memperingati Natal pada 24 Desember 2019. Berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) RI No.13/2019, tentang Cuti Bersama Pegawai Negeri Sipil 2019, Selasa, 28 Mei 2019 cuti bersama ini tidak akan mengurangi hak cuti tahunan PNS.

Lihat juga...