Ikan Tongkol Asam Manis, Kuliner Khas Maumere

Editor: Koko Triarko

MAUMERE – Musim ikan membuat harga ikan di kota Maumere menurun drastis. Ikan tongkol berukuran tiga jari orang dewasa ini dijual oleh hampir setengah penjual ikan di pasar. Bulan Mei merupakan bulan ikan anak tongkol atau Martasi, dalam bahasa lokal.

“Sekarang sedang musimnya, sehingga ikan anak tongkol dijual murah. Harganya pun hanya Rp10 ribu untuk 12 ekor ikan anak tongkol kalau dibeli di TPI Alok,” sebut Maryati, penjual ikan di TPI Alok Maumere, Sabtu (18/5/2019).

Dikatakan Maryati, harga beli dari kapal-kapal ikan pun tergolong murah. Pihaknya tidak berani menyimpan terlalu lama, sebab dikuatirkan ikannya akan gatal, kalau dikonsumsi. Bila dikeringkan pun harganya akan jatuh dan tidak banyak dibeli.

Diana Berlina, pedagang makanan di Kota Maumere. -Foto: Ebed de Rosary

“Sulit kalau dikeringkan, sebab pembeli jarang sekali suka jenis ikan kering ini. Terpaksa kami harus menjual murah agar cepat laku terjual. Ikan ini tidak bisa bertahan lama, apalagi kalau disimpan hingga besok,” tuturnya.

Melimpahnya ikan anak tongkol membuat Diana Berlina, seorang perempuan pedagang makanan di kota Maumere mengkreasikan dalam berbagai jenis masakan. Dirinya meraciknya menjadi masakan ikan goreng asam manis dan banyak disukai pembeli.

“Saya mencoba membuat menu ikan goreng asam manis, sebab ikannya sedang murah. Dagingnya pun tebal, sehingga enak dikonsumsi dan ternayata banyak disukai pembeli juga,” ujarnya.

Bahan-bahan yang digunakan pun tergolong mudah didapat. Ikan segar, beberapa siung bawang merah dan bawang putih. Tomat dan cabai rawit secukupnya sesuai selera serta kecap manis.

“Ikan dibersihkan terlebih dahulu dan dipotong kecil sesuai selera, lalu digoreng hingga matang. Haluskan bawang merah, bawang putih dan cabai rawit. Tomat diiris kecil-kecil seperti membuat jus,” jelasnya.

Tumis bumbu yang sudah dihaluskan tersebut, lanjut Diana, lalu dicampur tomat yang telah diiris. Tunggu hingga harum, lalu masukkan ikan yang telah digoreng tersebut sambil diaduk hingga merata.

“Setelah itu, masukkan kecap manis secukupnya sambil terus diaduk hingga merata. Biarkan sampai matang, lalu angkat dan hidangkan. Prosesnya memang mudah dan tidak membutuhkan banyak bumbu untuk membuatnya,” tuturnya.

Diana mengaku harus banyak berkreasi dengan masakan ikan, mengingat saat musim ikan harganya sangat murah. Selain itu, jenis ikan yang dijual pedagang pun hampir setiap hari sama, sehingga harus banyak bekreasi, agar pembeli tidak cepat bosan.

Lihat juga...