hut

Jadikan Mandiri dan Kreatif, Pemkot Latih Ibu Rumah Tangga Membatik

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

BALIKPAPAN — Meningkatkan kreatifitas dan kemandirian ibu-ibu yang ada di 10 Kampung KB, Pemerintah Kota melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP2AKB) Kota Balikpapan melatih membatik selama empat hari. Hal tersebut ditujukan agar mereka  antinya bisa mandiri dan berwirausaha yang tujuannya untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

Kabid Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan, dokter Syafaah. Foto: Ferry Cahyanti

Kabid Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan, Syafaah menuturkan, tujuan dari pelatihan adalah untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM), kreatifitas, dan income atau pun pendapatan ibu-ibu kampung KB di antaranya Karangjati, Mekarsari, Teritip, Lamaru, Manggar, Muara Rapak, dan beberapa lainnya tersebar di enam Kecamatan.

“Programnya berjalan sejak beberapa tahun ini, bukan hanya membatik. Tahun lalu ada membuat tas yang ramah lingkungan,” jelas dokter Syafaah saat ditemui, Senin (21/5/2019).

Dalam pelatihan membatik ini, sebanyak 60 orang tersebut dilatih hingga bisa dan hasilnya bisa dibawa pulang. “Mereka dilatih dari proses awal menulis batik di kain, hingga proses finalisasi menjadi kain batik yang bisa digunakan. Kami menggunakan rumah batik Shaho, salah satu batik khas Balikpapan,” paparnya.

Menurutnya, setiap tahun program untuk memberdayakan perempuan yang ada di kampung KB terus dilakukan dengan berbagai program. “Anggaran yang disediakan tidak besar, kecil sekali yaitu hanya Rp32 juta. Tapi yang terpenting bagaimana kegiatan dapat berjalan dengan maksimal dan ibu-ibu dapat menerima manfaatnya,” ulas perempuan berhijab ini.

Melalui pelatihan ini ditargetkan agar ibu-ibu bisa menyelesaikan dan mendapat produk yang terbaik dari pelatihan membatik ini. Usai pelatihan lanjutnya, proses pendampingan juga dilakukan dengan berkoordinasi bidang lainnya.

Dia menambahkan target tahun ini ditambah satu lagi sehingga akan ada 11 kampung KB di kota Balikpapan. “Targetnya tambah satu kampung KB di Karangjoang. Tahun ini targetnya sudah bisa terealisasi,” imbuhnya.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!