hut

Jalan Rusak dan PJU Padam, Perlu Diwaspadai Pemudik Saat Melintasi Lamsel

Editor: Mahadeva

LAMPUNG – Akses jalur mudik Idul Fitri 1440 Hijriah di Lampung Selatan telah diperbaiki. Meski demikian, sejumlah ruas jalan provinsi di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) masih mengalami kerusakan.

Kerusakan masih terlihat di ruas Kecamatan Penengahan-Ketapang-Sragi, sepanjang lebih kurang 40 kilometer. Kemudian di ruas Kecamatan Penengahan-Ketapang sepanjang 30 kilometer.

Hasan,pengguna akses Jalinsum dan jalan provinsi di wilayah Lamsel yang masih rusak jelang angkutan lebaran – Foto Henk Widi

Hasan, salah satu warga Penengahan menyebut, kerusakan jalan sudah terjadi sejak tiga tahun terakhir. Namun tidak ada perhatian pihak terkait, terutama mendekati hari raya Idul Fitri 2019. Dua ruas jalan provinsi di Lamsel tersebut, menjadi akses utama masyarakat.

Memasuki Mei, Hasan, yang juga penyedia jasa penyeberangan truk eksepedisi menyebut, warga harus berhadapan dengan jalan berdebu. Aspal jalan mengelupas, mengakibatkan debu berhamburan saat kendaraan melintas. “Pada jalan nasional dan jalan tol memang mulus karena diperbaiki, namun di ruas jalan provinsi yang akan dilintasi pemudik masih rusak di sejumlah ruas ditambah lampu penerangan jalan padam di sejumlah titik,” terang Hasan, salah satu warga Penengahan saat ditemui Cendana News, Minggu (26/5/2019).

Lampu penerangan jalan umum yang padam disebut Hasan, adalah lampu tenaga surya (solar cell). Hilangnya baterai sebagai sumber daya lampu penerangan, menjadi penyebab utamanya. Meski demikian, sejumlah lampu yang diganti dengan sistem meteran listrik otomatis dari PLN masih menyala. Padamnya lampu penerangan jalan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

Terkait kerusakan jalan di ruas jalan nasional, sebagian sudah diperbaiki. Kasmir, penanggungjawab pengerjaan Jalinsum Satker P2JN Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerangkan, perbaikan telah dilakukan pada sejumlah titik.

Perbaikan ruas jalan rusak dilakukan dengan menambal jalan berlubang, serta meratakan jalan bergelombang. Kasmir menyebut perbaikan akses Jalinsum telah dilakukan mulai ruas perbatasan kota Bandarlampung dengan kabupaten Lampung Selatan.

Pada wilayah Lampung Selatan perbaikan dilakukan dari kecamatan Katibung hingga pelabuhan Bakauheni. Perbaikan yang dilakukan oleh PUPR mencakup Jalan Lintas Pantai Timur Sumatera dari pertigaan Bakauheni hingga Sukadana.

Pekerjaan tersebut secara keseluruhan telah selesai meski di beberapa titik masih diperlukan pembenahan. Target perbaikan Jalinsum untuk menghilangkan lubang dan aspal yang bergelombang. Meski sempat terbantu dengan melintasnya kendaraan bertonase berat melalui jalan tol, sepekan ke depan jalan nasional sudah bisa dilintasi.

Pemudik kendaraan bermotor melintas di Jalan Lintas Sumatera dan sejumlah bus Antar Kota Antar Provinsi – Foto Henk Widi

Diperkirakan, arus mudik dari Jawa ke Sumatera mulai akan berlangsung sejak Rabu (29/5/2019). Semua pekerjaan perbaikan sementara dihentikan. Mengenai kerusakan sejumlah lampu jalan di jalan nasional, Kasmir menyebut, perbaikan serta pemasangan baru menjadi kewenangan Kementerian Perhubungan.

Sejumlah lampu jalan yang dipasang merupakan kewenangan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat). Selain lampu penerangan jalan sejumlah rambu dan marka jalan di sepanjang Jalinsum juga banyak yang rusak. Meski demikian, marka jalan dan rambu jalan sudah dilakukan pengecatan ulang dan dilakukan penggantian rambu-rambu baru. “Dibantu oleh personil kepolisian dari Polda Lampung melalui Satlantas Polres Lamsel rambu-rambu jalan juga dipasang di sejumlah titik,” beber Kasmir.

Perbaikan dan peningkatan Jalinsum penting dilakukan sebelum angkutan mudik lebaran. Sesuai prediksi, Jalinsum masih akan menjadi jalur umum bagi kendaraan pemudik. Meski angkutan lebaran mengalami peningkatan dalam beberapa hari ke depan, sebagian pemudik mulai memadati Jalinsum.

Sebagian pemudik yang memilih pulang lebih awal sebagian mempergunakan kendaraan roda dua. Mengantisipasi sejumlah lampu padam di Jalinsum sebagian pemudik terlihat melakukan perjalanan siang hari.

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!