hut

Jelang Sahur, Polres Banyumas Rutin Operasi Balap Liar

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PURWOKERTO – Selama bulan puasa, tim gabungan dari Polres Banyumas rutin melakukan operasi balap liar dalam rangka operasi cipta kondisi. Operasi dimulai dari pukul 01.30 WIB hingga menjelang Subuh.

Kasat Sabhara Polres Banyumas, AKP Supriyanto mengatakan, sesuai dengan instruksi Kapolres Banyumas, AKBP Bambang Yudhantara Salamun, sejak awal bulan Ramadan patroli untuk memberantas balap liar dilakukan setiap malam dengan menerjunkan 25 anggota gabungan.

Kasat Sabhara Polres Banyumas, AKP Supriyanto, memberikan keterangan tentang operasi balap liar selama bulan Ramadan, Kamis (16/5/2019). Foto: Hermiana E. Effendi

Patroli dilakukan mulai dari pusat Kota Purwokerto yang berpotensi menjadi lokasi balap liar hingga wilayah pinggir, seperti Kecamatan Sokaraja.

“Sejak digiatkan patroli rutin setiap malam, sekarang frekuensi balap liar menurun drastis. Untuk wilayah perkotaan relatif sudah tidak ada, tinggal wilayah Kecamatan Sokaraja, mulai dari Jalan Soeparjo Rustam hingga Rumah Sakit Margono Soekardjo Purwokerto,” terang AKP Supriyanto, Kamis (16/5/2019).

Patroli pertama sekitar pukul 01.30 WIB dini hari, biasanya jalur utama penghubung Sokaraja-Purwokerto sudah ramai dengan anak-anak yang melakukan balap liar.

Saat melihat kehadiran polisi, mereka akan langsung membubarkan diri. Sekitar pukul 03.00 WIB dini hari, tim gabungan kembali ke lokasi untuk memastikan para pelaku balap liar tidak kembali lagi ke lokasi.

“Saat razia pertama, mereka bubar, tetapi biasanya akan berkumpul kembali setelah petugas meninggalkan lokasi. Sehingga kita kembali lagi ke sana,” jelasnya.

Para pelaku balap liar yang sebagian besar anak muda ini, akan dibawa ke Polres Banyumas untuk dilakukan pembinaan. Sementara untuk kendaraan yang tidak memenuhi standar, akan dilakukan penindakan dari unit Satlantas Polres Banyumas.

Sementara itu, untuk wilayah Kota Purwokerto, seperti kawasan Jalan Dr. Angka yang dulu ramai untuk balap liar setiap malam minggu, sekarang sudah relatif sepi.

Demikian pula dengan lokasi di Jalan Jenderal Soedirman Timur, Kelurahan Berkoh, Kecamatan Purwokerto Selatan, serta jalur di kawasan Gunung Tugel, sekarang sudah tidak lagi menjadi tempat balap liar.

Semua itu berkat tim gabungan dari Satuan Sabhara, Tim Bawor, Satlantas, Intel dan lainnya, atas instruksi Kapolres Banyumas, AKBP Bambang Yudhantara Salamun yang berkomitmen menciptakan situasi kondusif selama bulan puasa ini.

 

Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!